Selasa, 13 Desember 2011

Detektif Conan

“huufh…benar-benar hari yang melelahkan” gumam Conan sesampainya ia pulang dari sekolah. 

Seperti biasa, suasana rumah terlihat sepi. Kak Ran pasti belum pulang cz SMA kan rada siang pulangnya. Sedangkan Paman Mouri pasti sedang tertidur nyenyak di ruang kerjanya karena sepi clien. Namun tidak saat itu. Ruang kerja Paman Mouri terdengar sedikit berisik karena kehadiran seorang tamu. 

“Tumben paman kedatangan clien, paling juga kasus murahan. Orang yang kehilangan anjinglah, suami yang selingkuhlah, atau sekedar minta tolong mata-matain istri. Halaaaah…” gumam Conan.

Karena sedang ga ada PR, Conan pun iseng-iseng maen ke ruang kerja pamanya, Detektif Kogoro Mouri, dan berharap siapa tau ia menemukan kasus yang menarik. 

“Eh, ada tamu ya paman?” sapa Conan. “Aku bikinin minum ya?”

Conan sengaja membantu membuatkan minuman untuk paman dan seorang tamunya biar nanti ia bisa ikutan nimbrung nyimak obrolan clien Paman Mouri.

Dan ternyata benar, kasus yang sedang dikonsultasikan clien Kogoro Mouri hanyalah sebuah kasus rendahan biasa. Clien Paman Mouri bernama Hiroshi, seorang mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Tokyo. Hiroshi sedang menghadapi masalah dalam PDKT terhadap seorang gadis di kampusnya. 
(Ini detektif apa biro konsultasi jodoh sih??)

Segitu beratkah persoalannya? Nyok kita simak obrolan mereka.

Paman  : Ehm..Ehm...
  Ada perlu apa ya panjenengan datang kemari?
  (Paman Mouri sok cool, padahal udah untung ia bisa kedatangan clien)

Hiroshi  : Ehm…anu paman, saya punya masalah yang sekiranya perlu 
              dikonsultasikan kepada ahlinya.

Paman  : Hohoho…anda beruntung telah menemui orang yang tepat.

Conan   : Cape deeh…

Paman  : Apa masalah anda? Bisa ceritakan, insyallah saya akan membantu 
              semaksimal mungkin.

Hiroshi  : Ehm…begini. Saya menyukai seorang gadis di kampus saya nih 
              paman. Tapi saya ga tau apa yang mesti saya perbuat buat kasih tau 
              kalo saya itu tertarik padanya. 
              Saya juga kesulitan buat cari tau atau memahami dirinya, 
              apakah ia merasa terganggu, muak, atau malah juga 
              tertarik pada saya. Bingung pokoknya paman…

Paman & Conan : ………(-_____-“)7

Hiroshi  : Ah paman, gue seriuuuus…

Paman  : Kamu ini piye sih? Masa PDKT sama cewe gitu aja ga bisa…

Hiroshi  : Yah paman, kalo gue bisa juga ga bakal ke sini. Gimana sih!
               Lagian tuh cewe spesial paman. Dia begitu unik dan misterius, 
               beda banget deh sama cewe biasanya…

Paman  : Oke…Oke…
              Ceritain gih sejauh mana hubungan kamu sama dia biar paman 
              tau akar persoalannya dimana.

Hiroshi  : Kita udah satu kelas selama hampir satu semester paman. Sejak 
               awal itu juga gue udah suka sama dia. Gue sering perhatiin dia kalo 
               di kelas, tapi gue ga berani ngobrol begitu dekat cz sepertinya dia 
               tau gue sering perhatiin. Buktinya setiap lewat and gue mau nyapa, 
               eh gue dikacangin mulu coba. Emang sih, bisa dibilang dia kategori 
               cewe pemalu-pemalu gitu… 

Paman  : Hmmm…Terus-terus?

Hiroshi  : Tapi anehnya paman, Kalo di sms atau di twitter dia baik n welcome 
               banget loh…
               Tapi pas di kampus kebanyakan tetep aja gue dikacangin. Gimana 
               bisa deketin tuh, yang ada gue malah parno duluan coba.

Paman  : Hahaha…habis mukamu kayak kacang sih! Udah pernah diajak 
              jalan blom dia nya?

Hiroshi  : Udah paman…

              Yang pertama gue jelas ditolak, bilangnya sih dia ada acara keluarga.
  Tapi dia tetep kasih harapan dengan bilang lain kali aja. 
  Artinya dia ga nolak gue mentah-mentah  dong.

              Nah, yang kedua gue ditolak secara tersirat, cz blom sempet 
              bilang ngajak jalan, dia udah cerita kalo bsok dia padet acara keluarga 
              di luar kota.

              Yang ketiga momennya udah tepat paman, dia pas banget lagi ga 
              ada kerjaan. Tapi tetep aja ujung-ujungnya gue ditolak. Bilangnya 
              sih jujur ia masih ngerasa blom terbiasa sama gue, eh tiba-tiba mesti 
              jalan keluar berdua doang. Tar dikira ada apa-apa lagi, katanya. 

              Apa jangan-jangan dia udah punya pacar kali ya?

              Anehnya dia tetep ramah n kasih harapan kok, dia bilang;

              “Besok-besok kalo aku udah ga canggung lagi, mari kita 
               main bareng :)”

               Gue jadi makin bingung  dah…


Paman  : Hmmm……Iya juga sih. Sepertinya dia cewe yang bener-bener 
              konservatif deh.
  Tapi Hebat loh dia bisa nolak baik-baik n bilang kalo dia masih 
  canggung kalo mesti jalan berdua sama cowo. Cewe zaman 
  sekarang mah jarang banget kaya gitu. Rata-rata pada agresif…
  Untung anak saya Ran ga kaya gitu.

Hiroshi  : Menurut paman dengan ngeliat respon dia yang kayak gitu 
              artinya apa?

Paman  : Dari denger cerita kamu, ada banyak kemungkinan. 
              Namun, paling tidak ada tiga kemungkinan terbesar.
              Pertama, dia sebenarnya ga ada rasa terhadap kamu dan mungkin 
              hanya menganggap kamu sebagai fans. Kan sayang toh kalo mesti 
              kehilangan satu orang penggemar setia. Makanya ia menolak, 
              namun seolah-olah masih kasih harapan.

              Kedua, dia mungkin udah punya pacar atau punya orang tua yang 
              memprotektif dirinya agar tidak  sembarangan bergaul dengan orang 
              asing. Apa lagi tampang kriminal kayak kamu. Tapi dia ga enak aja 
              nolak kamu mentah-mentah cz kalian bakal temenan terus sampe 
              lulus nanti kan. Tar malah rusak hubungan pertemanan kalian.

             Ketiga, ada kemungkinan kecil sebenarnya dia juga suka dan tertarik. 
             Dan ia berkata jujur kalo ia benar-benar canggung dan belom siap 
             buat interaksi secara langsung sama kamu. Apa lagi kalo cuma berdua. 
             Makanya ia nolak tapi masih berharap kesungguhan kamu.

             Namun untuk opsi ketiga dengan modal kayak kamu paman rada 
             pesimis sih. Lo boleh aja ngarep opsi ini, tapi jangan kege’eran aja…

Hiroshi  : Aah…sial! Paman bikin pesimis gue aja…
  So, gue mesti gimana nih paman?

Paman  : Sejauh ini sih menurut paman sampean masih ada harapan kok. 
              Kalo emang ga suka, ngapain juga ia repot-repot masih ngebales 
              sms kamu, terus kasih harapan lagi.

  Jalanin aja dulu lah seperti yang dia mau. Yakinkan dia kalo muka 
  lo doang yang kriminal, tapi hati dan prilakumu kaga. 

  Tetep sapa dan sms, tapi jangan terlalu sering. Tar dia bosen atau
  ngira lo maniak lagi…

  Dan inget, berdasarkan analisa paman. Ni cewe merupakan cewe 
  baik-baik. Kalo lo ga serius atau cuma buat maen-maen mending 
  jangan dah…

Hiroshi  : Insyallah serius lah pamaaaan….gimana sih!
  Ngapain juga gue susah-susah usaha sampe ditolak ngajak jalan 
  tiga kali, dikacangin tiap hari, sampe pake konsultasi sama 
  detektif segala. Tiap hari gue jadi harap-harap cemas neh galau 
  mikirin dia. Hedeeeh……

Paman  : Hmm…Bagus-bagus…
              Terus, masih ada lagi yang perlu kamu konsultasikan?

Hiroshi  : Sejauh ini udah cukup sih paman…

Paman  : Berarti Clear toh? Tar kalo ada masalah lagi, kamu ga usah ragu
              ngehubungin paman. Lewat telpon, sms atau email juga bisa kok.
  Btw ini tarif per konsultasinya, transfer aja ke nomor rekening 
  di bawahnya. Oke?

Sambil menyerahkan secarik kertas kepada Hiroshi.

“Oke paman, terima kasih banyak atas konsultasinya ya.” ujar Hiroshi sembari berdiri pamit dan
bersalaman dengan paman Mouri. 

Rona mukanya sedikit bersinar setelah memperoleh analisa dari
Detektif terkenal Kogoro Mouri. 

Btw,ceritanya ini Conan kemana?? 

Hmmm…….Sepertinya Conan lebih memilih tidur dah dari 
pada dengerin kasus ga mutu barusan. Hedeeeeh….(-___-“)

Weekend

“Weekend is just workdays without homework and studying.”

Mungkin itu definisi weekend paling tepat bagi Naruto. Sebagai ninja pelajar, hari-hari Naruto selalu ia habiskan dengan berlatih keras di sekolah ninja Konoha. Tugas, presentasi, bahkan responsi seakan-akan ga pernah ada habisnya. Bagi kebanyakan orang rutinitas demikian mungkin sangatlah membosankan dan tentunya weekend merupakan waktu yang sangat ditunggu-tunggu. Namun tidak demikian bagi Naruto. Baginya weekend justru lebih membosankan dari pada workdays. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Mari kita lihat beberapa penjelasan  yang berhasil kami rangkum usai bincang-bincang bersama Naruto.

“Weekend itu ngebosenin cuy, gue mati gaya kalo weekend” ujar Naruto perihal pendapatnya tentang weekend mengawali sesi bincang-bincang kami saat itu.

“Lah, kok iso?” tanya tim redaksi kami. 

Dan akhirnya dimulailah perbincangan seru tim redaksi kami bersama Naruto sore itu.

Naruto : “Secara temen-temen gue pada mudik e mbak, ga asik banget coba” 

Tim      : “Masa sih ga ada satu pun yang stay di Konoha?”   

Naruto : “Ya ada lah mbak, tapi kan mereka punya acara masing-masing kalee
                buat ngisi weekend”
  “Ada yang jalan bareng keluarga, sama pacar, calon pacar,
                bahkan ada yang sama dosen” 
  “Oops..., yang terakhir ga usah dicatet mbak ya”

Tim      : “Heh?? Oh, oke...oke…”
             “Lah, kenapa Naruto ga bikin acara sendiri, bareng pacar gitu?”

Naruto  : “Hmm…kapret koe mbak! Kalo ada gue juga ga bakal suntuk
                sendiri di kos.”
              “Gimana sih…”

Tim       : “O, iya yaa…”
   “Eh, denger-denger kamu lagi deket sama seseorang ya??” :D
               “Kenalin kita doong…!! Udah sejauh mana neh PDKTnya?”

Naruto  : “Idiih…songong nih sih mbak!”
               “Ah, gosip itu mbak…info dari mana coba”

Untuk sesaat muka Naruto memerah, tanda kalo ada sesuatu yang
ia sembunyikan (ihiiiir…..!!)

Tim       : “Kembali ke soal weekend nih yaa, kalo weekend Naruto
                biasanya ngapain? Masa cuma mandeg di kos?” 

Naruto  : “Ya gitu, tetep banyak kerjaan kok kayak hari-hari kerja biasa,
                 cuma ga ada PR sama belajar aja.”
               “Mulai dari nyuci pakaian nih ya, nyuci motor, nguras aquarium,
                 trus guras bak mandi, menutup tempat penampungan air,
                 serta mengubur barang-barang bekas.
                 (Iklan layanan masyarakat ini dipersembahkan oleh Dinas
                 Kesehatan kota Konoha)”

Tim       : “Wuih…meski jomlo lama tetep kreatif mas ya, cari-cari kesibukan”

Naruto  : “……fuck lah!” (-_____-“)
              “Mulai songong nih si mbak…”

Tim       : “Cieee……Mas Naruto ngambek neh? Cieee…gitu aja ngambek…
                Wkwkwkwk……”

Naruto  : “Udah blom nih mbak ngobrol-ngobrolnya??”
               “Kalo udah gue cabut…”

Tim       : “Iyaaa…iyaa…lanjut lagi ya…” :)
              “Tapi kok kyakny Naruto enjoy-enjoy aja tuh jalanin weekendnya??”

Naruto  : “Ho’oh sih…Ya kayak mbak bilang tadi, kelamaan jomblo kali ya.
                Jadinya enjoy-enjoy aja meski ngebosenin”
               “Beda kalo workdays mbak, kan bisa ketemu temen-temen tuh…”

Tim       : “Ooh…By the way ni yaaa,”
   “Makan soto di KBRI, eh nemu Jupe pipis berlari.
   “Sekian lama Naruto sendiri, emang cewe gimana sih yang dicari?
     Wkwkwk…” :D 

Tim redaksi kami sedikit berimprovisasi  dengan sedikit ngegodain Naruto.

Naruto  : “Ah, kopet lo mbak…Pake diksi yang rada asik dikit kenape…”
              “Itu privasi mbaaak, nanya-nanya yang laen aja gih…”

Tim       : “Jiaaah...kenapa sih To pada malu-malu kalo masuk ke topik itu?”
              “Apa jangan-jangan tipe cewe idaman kamu kayak saya yaa…??
               Ya kan? Ya kan? Wkwkwk…”

Naruto  : “Eh mbak, gue bales pantun neh mbak yaa…”
   “Makan steak pake golok. Lama-lama si mbak bikin gue gondok!”

Tim       : “Hahaha…Naruto bisa aja…”
              “Btw seandainya ni yaah, Naruto ada temen jalan kalo weekend.
                Naruto pengennya jalan bareng kemana emang?”

Naruto  : “Wah, macem-macem. Tergantung kelamin mbak.
                Eh, jenis kelamin maksudnya.”
               “Kalo sebagian besar cowo, paling enak nongkrong di cafe
                yang full musik, pesen kopi, maen poker dah ampe pagi.
                Hahaha…”

               “Nah, kalo berdua doang sama cewe beda lagi mbak.
                Gue lebih seneng ke tempat-tempat yang amazing. Cieee….

     Ke pantai kek, ke atas bukit kek, manjat pohon, atau malah
               naek puncak gedung. Pokoknya ke tempat-tempat
               yang punya view bagus n bisa bikin kita ngerasa
               sangaaaaat kecil.”

Tim       : “Loh, kenapa mesti pas cuma berdua ke tempat-tempat
                amazingnya?”

Naruto  : “Kalo rame-rame ga asik mbak, malah sibuk foto-foto tar bukannya
                menikmati pemandangan.” 

Tim       : “Ckckck…bener juga sih. Kesannya juga gimana gitu, berdua ngeliat
                pemandangan.
                Apa lagi bareng sama Naruto.”
               “Btw saya weekend ga sibuk loh To…”

Naruto  :  Rrrrrrr……(-_____-“)

Tim       : “Hahaha…ya udah deh, sebelum saya digorok sama Naruto mending
                dicukupkan sampe sekian aja dah bincang-bincangnya.”
   “Btw boleh saya ambil fotonya mas ya? Buat dipajang di artikelnya
                nanti…”


Naruto  : “Oh, jelas boleh lah mbak…”
               “Ambil posenya yang keren mbak yaa…”

Selasa, 29 November 2011

NARUTO

“Ah, cemeen lo…!!” begitulah cara temen-temen Naruto ngegodaain dirinya.

Bukan, bukan karena Naruto goblok dalam mempelajari jurus baru atau pun gagal dalam misinya mencari Sasuke. Melaikan karena Naruto payah dalam menarik hati cewe. Emang sih, guru Kakashi di kelas ga pernah ngajarin Naruto jurus-jurus menaklukan hati cewe. Itu karena jurus tersebut sangat umum. Ninja-ninja pemula bahkan masyarakat awam sekalipun bisa mahir menguasainya.  

Sayangnya hal ini tidak berlaku pada Naruto. Khusus urusan cinta, Naruto memiliki mental “jongkok”. Prinsip konservatif yang biasa ia terima pada mata kuliah Intermediate Accounting ternyata salah diinterpretasikan. Naruto selalu khawatir akan setiap kemungkinan terburuk dalam menarik hati cewe, takut  ntar ginilah, takut ntar gitulah. Sehingga sejauh ini belom ada satu pun “action” yang berarti berhasil ia lakukan.
Btw sejak kapan Naruto belajar Intermediate Accounting??

Ternyata sedikit banyak sindiran dari temen-temen Naruto menjadi beban pikirannya.
“Masa gue dibilang cemen sih?? Gue kan ninja nomor satu di Konoha” pikir Naruto sembari melamun.

Lantas ia pun segera mengambil hanphone, terus merem-merem, mikir gaya sms apa yang menarik buat ngajakin jalan seorang cewe. Bukti kalo ia berani action buat ngedeketin si cewe.

Sambil nunggu Naruto bikin sms, penulis kasih sedikit cerita deh tentang cewe yang dimaksud.

Cewe yang disukai Naruto tersebut bernama Hinata. Hinata Hyuuga lengkapnya. Seorang ninja manis yang kebetulan satu kampus dengan Naruto di nageri Konoha. 
Hampir tiap hari mereka ketemu, namun sangat jarang mereka terlihat ngobrol berdua. Padahal jelas-jelas si Naruto menaruh hati padanya. Maklum, Hinata merupakan tipe ninja yang pemalu sama seperti Naruto. Bedanya Naruto hanya pemalu dalam urusan cinta, di luar itu Naruto merupakan sosok ninja yang rada gila dan suka seru-seruan bareng temen-temennya. 

Kembali ke Naruto yang sedang sibuk nulis sms buat ngajakin Hinata jalan…

“Huuufth…udah nih, kirim ga ya? Kirim ga ya?” Naruto menimbang-nimbang…

Berikut isi smsnya  kepada Hinata,

“Hey Taa, maen ke luar nyok? Boring nih weekend cuma nongkrong sendirian di kos…”

dan “click”, dengan sepenuh jiwa Naruto menekan tombol Send, berharap Hinata juga lagi ga ada kerjaan dan mau dah diajak jalan bareng.

Beberapa menit kemudian sms balasan diterima oleh Naruto.

Isinya

“Hey, kenapaTo? (maksudnya Naruto, bukan Parto).
 Emang pada kemana temen-temen kosmu? Lagian kok tumben amat ngajaknya  aku...haha…”

Dan balesan Naruto ke Hinata, 

“Kan weekend mereka pada mudik Taa…”

“Haha…habis kayaknya cuma lo doang deh yang ga bakalan mudik kemana-mana…Lo sibuk apa?” (Naruto mencoba tetap netral, biar ga dikira psikopat ambisius)

Hinata ngebales,

“Bukan sibuk sih, tapi ini gue mau keluar soalnya. Mau ke negeri Ninja Pasir…
(Negeri tetangganya Konoha).

Bledaaarrr…..Naruto nyaris mati ngenes ajakannya ditolak. Dengan sisa-sisa tenaga dia mencoba ngebales sms lagi.

Isinya; “Yaaaahh…” cukup satu kata buat mengekspresikan kekecewaan Naruto.

Hinata pun kembali membalas,

“Haha…maaf ya To…”

“Udah kangen sama keponakan soalnya. Kapan-kapan lagi aja ya…:).”

Ternyata Hinata mau pergi ketempat sodaranya cuy, buat ketemu keponakannya yang baru lahir. Naruto lega, ternyata ajakannya ditolak bukan tanpa alasan. Lagian masih ada kesempatan kedua kok, cz Hinata bilang kan masih bisa kapan-kapan… haha…

Akhirnya Naruto menghabiskan waktu weekendnya  hari itu hanya dengan berlatih jurus melempar Shuriken sendirian di kos. Hmmm…Naruto yang malang…ckckck…
Besok malamnya Hinata sms Naruto euy. Naruto girang bukan main. Naruto yang waktu itu sedang masuk angin tiba-tiba jadi fit kembali. Emang sih, sakit yang biasa Naruto alami merupakan seputaran penyakit-penyakit rendahan. Mulai dari masuk angin, cacingan, sampe mencret sering banget Naruto alami. Pernah suatu ketika saat bertarung melawan salah satu anggota Akatsuke ia kabur melarikan diri. Bukan karena lawannya terlalu tangguh, melainkan Naruto kebelet boker akibat makan sambal penyetan terlalu banyak.

Oke, kembali ke Naruto yang kegirangan karena Hinata sms. 

Emang sih Hinata cuma sms nanya soal PR buat dikumpulin besok, namun sms mereka terus berlanjut ke topik canda-candaan. Mulai dari kisah Naruto yang gagal nyelesain game Angrybird, tentang guru ninja di kampus yang cute hingga bisa bikin Hinata mual-mual, sampe Naruto yang pengen bisa belajar bahasa bayi. 

“Lumayan, bisa buat nambah-nambah skill di CV” pikir Naruto. 

Pokoknya Naruto seneng banget malam itu. Apa lagi waktu Hinata ngucapain selamat tidur di akhir sesi. 
Beeuuuuhhh….Naruto jadi makin pede buat menangin pemilu Hokage Konoha tahun depan
(ga nyambung).  











Minggu, 16 Oktober 2011

Cacat Psikologis

Akhir-akhir ini gue baru sadar kalo pada dasarnya sebagian besar orang pasti pernah ngalamin gangguan mental atau cacat psikologis. Cacat ini biasanya membekas dan kerkadang menjadi faktor yang membentuk karakter serta perilaku seseorang di kemudian hari. 

Gue penasaran, jangan-jangan gue termasuk korban cacat psikologis lagi.Gue pun coba mengingat-ingat lagi memori-memori gue dulu, kira-kira gue pernah ngalamin cacat psikologis ga yah? 

Cacat psikologis yang pertama berhasil gue ingat adalah waktu gue masih SD kelas 1. Gue baru 6 tahun. Di lingkungan rumah gue waktu itu sangat jarang anak-anak seusia gue. Temen maen yang gue inget saat itu cuma ada tiga orang yang usianya rata-rata hampir sama. Satu diantaranya adalah seorang anak perempuan. 

Kisah ini bermula dari gue yang waktu itu dibeliin sebuah dompet sama Bokap. Sebagaimana yang kita tahu, dompet berfungsi buat nyimpen duit (bagi yang ga punya duit mungkin cukup buat nyimpen KTP and kartu nama orang). Ada satu space pada dompet yang gue ga ngerti fungsinya buat apaan. Gue coba cari tau dengan ngeliat dompet nyokap. Dan ternyata itu buat naro foto. Karena gue liat ada foto nyokap n bokap gue disana (ya masa foto tetangga).

Dengan polosnya gue pun berpikir, 

“Gue mesti punya foto cewe buat buat gue taro sebelah foto gue di ni dompet”. 

Namanya juga anak-anak, tanpa ragu gue pun minta fotonya temen gue yang cewe tadi. Temen gue juga mau aja kok. Alhasil, jadi dah kita barter foto. Di masing-masing dompet kita ada foto kita berdua. Hahahay….

Sampe suatu ketika nyokap gue liat kedua foto tersebut di dompet gue. Dan ketika moment kumpul keluarga besar, dia presentasiin lah didepan keluarga-keluarga yang laen apa yang nyokap gue liat akan foto di dompet gue. Tadaaaaa……jadilah gue bahan jokes satu keluarga besar gue. Gue yang masih bocah dan ga ngerti apa-apa dibikin malu tanpa tau apa sih yang salah dengan foto di dompet gue tersebut. Blom lagi Om sama Tante gue yang sedari dulu hoby ngegodain gue. Kejadian tersebut sukses bikin gue parno dan berpikir kalo gue bakal diledekin habis-habisan kalo deket-deket  sama cewe.    

Berikutnya sewaktu gue SD kelas 6. Gelar juara kelas berturut-turut namun muka blo’on yang gue miliki berhasil bikin salah seorang adek kelas gue fall in love sama gue. Gokil ga loh…
Masalahnya gue yang masih culun waktu itu sama sekali ga ngerti, mesti menyikapinya gimana kalo menemukan kondisi yang seperti itu. Boro-boro ngerti masalah hubungan dengan lawan jenis, cebok aja gue blom ngerti fungsinya buat apaan. 

Sampe suatu ketika si adek kelas tersebut kasih surat cintanya ke gue. Belom sempat gue baca, eh dengan laknat temen-temen gue yang jahil ngerampas tuh surat dari tangan gue. Salah seorang membacanya keras-keras di depan kelas, sedangkan yang laen megangin gue biar ga gue rampas balik. Alhasil satu kelas pada ngakak ketawa, bersorak serta ngegodain gue layaknya supporter sepak bola. Bagi yang pernah bikin atau dapet surat cinta, pasti taulah gimana isinya. Apa lagi kalo yang bikin bocah SD. Gue dibikin malu setengah mati. Karena, cinta dikalangan anak SD saat itu begitu tabuh dan aneh. Ga banget dah pokoknya kalo kecil-kecil udah ngerti cinta.

Lanjuuut....
Waktu SMP kelas 2, gue udah punya pacar (ga banget dah...). 
Nova namanya. Kita satu kelas waktu itu. Canggih ga tuh? Masih bocah, pacaran satu kelas lagi. Kalo di sekolah, kita kayak orang yang ga saling kenal gitu. Cz malu euy kalo terlihat lagi berdua. Hehehe…Namanya juga masih anak-anak… 

Waktu itu pacar gue rajiiiiinn banget nulis buku harian. Ga di rumah, di kelas, di pinggir jalan, bahkan di WC (yang terakhir gue sedikit berimprovisasi). Isinya ya berkisar kisah tentang gue dan dia sendiri. 

Pada suatu hari, salah seorang guru sedang asyik jelasin materi di depan kelas. Tiba-tiba dia ngerasa terusik dengan tingkah-laku Nova yang ga ngedengrin apa yang dia jelasin.
Malah sibuk sendiri nulis buku hariannya coba.

“Lagi nulis apa kamu?” kata si guru.

“Ga ada kok pak” kata Nova sambil buru-buru ngumpetin buku hariannya ke laci.    

“Sini, serahin bukunya” kata bapaknya lagi. Kali ini Nova cuma diem.

“Hayooo…Sini, serahin bukunya” dengan nada sedikit naik.

Dengan mata berkaca-kaca akhirnya terpaksa Nova nyerahin bukunya.
Emang rese’ tuh bapak, ga cukup bikin pacar gue nyaris nangis nahan malu. Eh, berikutnya malah dibacain lagi tuh buku di depan kelas. 

“Mampus dah…” gue ikutan malu setengah mati waktu itu. Kali ini ga cuma teman sekelas yang tertawa tapi guru juga ikut-ikutan ngegodaain gue sambil ngebacain buku tersebut. Ohh God…

Cacat psikologis berikutnya... 
Waktu itu gue menginjak bangku SMA. Untuk menghindari terjadinya kecurangan, sekolah gue punya peraturan kalo setiap ulangan bulanan, posisi setiap peserta ujian mesti diatur sedemikian rupa bersebelahan dengan adek atau kakak kelas, ga boleh duduk bersebelahan dengan temen sekelas. Artinya dalam satu ruangan terdiri dari berbagai siswa yang berbeda-beda angakatan maupun jurusan.

Sebagai pelajar yang baik, tentu gue pasang alarm Hp dong buat ngebangunin gue jam 3 dini hari buat belajar. Namanya Hp jadul, biar alarmnya bunyi, profilenya mesti disetting general dulu bukan silent. Sampe suatu pagi di waktu suasana kelas sunyi senyap karena semua siswa pada sibuk ngerjain soal ujian. Secara ajaib Hp gue tiba-tiba bunyi. Nyariiiinng....baget ringtonenya. Shit! Gue lupa ganti ke mode silent.

Yang bikin gue malu banget adalah nada ring tone gue. Bunyinya suara cewe dengan nada manja bilang; 

“Sayaaaang…kamu lagi ngapain sih? Aku kangen nih…”

Gue panik! Gue teken-teken sembarang dari luar kantong celana eh, ga mati-mati juga nih ringtone. Dan tanpa dikasih komando, satu kelas yang tadi hening pada ngakak nertawain gue. Siaaaaal……goblok banget sih gue, bisa-bisanya gue lupa.

Setelah kelas kembali hening, Hp gue akhirnya disita oleh pengawas dan baru boleh diambil di ruang guru usai jam ujian. Entah apa dipikiran gue waktu itu sampe bisa-bisanya gue pasang ringtone gituan. Ga banget dah. Ringtone ga mutu! hahaha....
Mungkin karena biasanya Hp gue silent mulu kali ya, jadi gue iseng-iseng aja  pake sembarang ringtone. Toh ga bakal bunyi juga kan pikir gue.

Sumpah, kejadian itu bener-bener bikin gue cacat psikologis. Gue jadi bahan jokes dan ledekan satu sekolah. Cz seperti yang gue bilang tadi, di ruangan ujian gue ga cuma temen angkatan gue tapi juga ada adek dan kakak kelas. Belom lagi gue ketua OSIS waktu itu. Aaaarrrrggghhh…….malu gue kalo ngingetnya. 

Sejak kejadian itu, ada seorang adek kelas gue cewe yang paling demen ngegodain gue dengan selalu manggil gue; 

“Sayaaang...” setiap kali papasan sama gue. 

Pernah suatu ketika dia memprovokasi temen-temen cewe kelasnya buat manggil “Sayaaaangg…” secara serentak satu kelas waktu gue lewat didepan kelasnya. Kemudian mereka tertawa lepas ngetawain gue yang jadi malu dan salah tingkah.ckckck...

Seriiing banget tuh anak ngeledekin gue dengan kata “sayaang…”. Eh, lama-lama gue malah ketagihan dia panggil sayang. Sampe akhirnya lama-lama gue jadi sayang beneran sama dia.
Halaaaahhhh…..(-____-“)




Sabtu, 15 Oktober 2011

It's so Fun!

It's so fun! Gue baru tau kalo hubungan orang pacaran itu ga beda jauh dengan layaknya hubungan seorang secret admirer terhadap seoarang idol (lebih kurang). Mencari tau tentang pacar kita secara diam-diam lewat account jejaring sosialnya, googling, download foto terbarunya, tanya-tanya temennya, bahkan sengaja lewat depan rumahnya diem-diem cuma sekedar liat dia ada atau ga. 

Begitukah? Kenapa ga pake cara yang lebih praktis aja sih? Yang rada elegan dan normal gitu, mungkin dengan tanya langsung ke dia sewaktu ngobrol-ngobrol kek. Tidakkah itu aneh jika kita ngerasa status kita adalah pacar tapi kita sendiri merasa sungkan untuk melakukannya. Kalo hanya sebagai media spy, ya sesekali mungkin ga masalah lah. But, this is always? I don’t think so…kecuali kalo lo Intel yang bertugas ngawasin gue 24 jam.

Yah, kenyataan ini baru gue tau akhir-akhir ini kalo ternyata mantan gue kayak gitu selama kita pacaran dulu. 

“Tunggu, kenapa baru dibahas sekarang?”

Gue sengaja angkat topik ini karena gue mau sedikit berbagi pengalaman gue dulu. Gue sempat punya hubungan yang terlihat harmonis di luar, namun kacau secara kenyataan. “Kok bisa?” Itu karena ada banyak hal yang seharusnya diungkapkan tapi malah dikubur dalam-dalam. Hubungan itu bermula sewaktu gue SMA dan berakhir dua tahun lalu. Namun entah kenapa dia sms gue baru baru-baru ini dan bilang beberapa hal.   

Dia (mantan gue) bilang kalo dia tau semua siapa aja mantan-mantan gue (halaaah, emang sebanyak apa sih?hehe...). 

Terus kenapa emang kalo tau? Mau ngedata nomor KTP mereka di kelurahan? Kalo cuma tau nama doang mah buat apa atuh. Masalahnya bukankah lebih baik jika saat itu yang dia cari tau dan pahami adalah bagaimana bentuk hubungan gue dengan masing-masing dari mereka sebelumnya ga sih? Bagaimana gue menjalaninya dulu, waktu masih sama mereka. Ya sekedar buat bahan pembelajaran aja kalo emang pengen mengenal gue lebih jauh. Actually if this is important for her, karena sejujurnya gue sendiri ga begitu tertarik untuk mencari tau hubungan  pacar gue dengan mantan-mantannya sebelumnya. Akan jauh lebih baik kalo gue jadi diri gue sendiri, bukan orang lain. This is me, kalo ga suka ya balik aja ama mantan sampean sebelumnya.

Dia bilang kalo gue lebih sering share dan ngobrol ke temen-temen deket gue, tapi ga ke dia. 

Ya wajar lah, mungkin karena mereka sebagai temen jauh lebih care. Tentunya gue juga ga bakal mau share masalah gue ke orang yang ga minta, bertanya atau benar-benar peduli dan mau mendengarkan. 

Dia bilang kalo dulu dia sering sengaja lewat depan rumah gue. 

Mengapa ga berhenti sih, turun, temuin gue. Mungkin bisa sekalian temuin ayah, ibu, sodara, atau keluarga-keluarga gue yang lain. Normalnya cara ini mungkin lebih bisa diterima daripada harus repot lewat diem-diem cuma sekedar liat-liat. Namun, jangankan meminta gue buat dipertemukan dengan ortu gue, sama sahabat-sahabat gue aja dia ga mau. 

Tidakkah dia liat kalo dulu gue sering banget ngobrol sama ayah, ibu, atau sodara-sodaranya. Gue juga sebisa mungkin nyempatin nemenin dia maen ke rumah sahabat-sahabatnya. Tujuannya ya  biar gue bisa sedikit mengenal dia dan bisa masuk dalam kehidupan dia. Gue bukanlah seorang yang berusaha mengetahui isi sebuah buku, namun hanya melihat-lihat cover dan tidak mau mau mencoba membacanya.

Dia juga bilang kalo dia sering banget “dicampakan”. Untuk yang satu ini gue rada ga habis pikir. Habis kalo dia bilang “sering” artinya ini bukan pertama kalinya terjadi kan? Kenapa ga coba cari tau sih kenapa itu bisa terjadi, sampe berkali-kali lagi. Sebagai seseorang yang pernah jadi bagian hidupnya, gue tau betul kenapa cowok-cowok  pada ninggalin dia. Itu karena kehidupannya begitu suram dan menyedihkan. Bukan suram dalam arti sebenarnya loh, melainkan karena dia terlalu mendramatisir hidup. Begitu meratapi hidupnya yang sebenarnya masih jauh lebih baik dari kebanyakan orang dengan segudang masalah dan cobaan. 

Hidupnya bahkan tanpa visi dan cita-cita yang jelas. Hal ini tentunya akan menurunkan kualitas persepsi orang-orang akan dirinya sehingga mereka merasa muak dan letih untuk terus menjadi motor yang terus mendorong agar dia terus maju menjalani hidup, namun dirinya sendiri tak berusaha menjadi motor bagi hidupnya. 

Hidupnya begitu pasif, seolah-olah dirinya adalah center of the world. Seakan-akan dunia memahami dirinya sepenuhnya. Mengharapkan orang-orang care, namun dirinya sendiri ga perduli. Sumpah, gue ga bakal heran kalo satu per satu cowo bakal mundur sendirinya dan mencari yang jauh lebih baik, lebih dewasa, serta lebih cerdas menyikapi hidup.   

Yah, this is so fun! Pada dasarnya tulisan ini merupakan bentuk kekecewaan gue akan sebuah hubungan yang sebenernya ga saling membuka diri satu sama lain. Suatu perasaan cinta yang dalam namun tak diungkapkan. Sesuatu yang ngeganjel di hati namun tak diutarakan. Hingga akhirnya kita ngerasa ga pernah menemukan kecocokan. I have to try said it before, when we were together. But she never tried to listen to me. Good bye…...........\(^_^)

Minggu, 11 September 2011

Guru

Guru, sebuah profesi fundamental dari perkembangan sebuah peradaban. Profesi yang terkait dengan hal yang bersifat hakiki, yaitu ilmu. Profesi yang tidak hanya menjanjikan kebahagiaan dunia, tapi juga akhirat. Yah, gue sangat bangga akan profesi tersebut.
Sebenarnya gue ga pernah menyangka kalo suatu saat gue bakal ngerasain betapa gimana rasanya jadi seorang guru. 
Cerita ini berawal ketika gue dilanda suntuk berkepanjangan (red: bete’ ga ada kerjaan). Eh, tiba-tiba gue dapet tawaran dari salah satu kakak angkatan yang nawarin gue kerja part-time jadi guru private. Sebenarnya sih tawarannya ditujukan buat dia, namun karena dia udah hijrah ke kota lain, akhirnya tawaran tersebut direkomendasikan ke gue. 
“Hmmmm……boleh juga nih”, pikir gue. Tanpa basa-basi gue ambil tawaran tersebut.
Besoknya gue diundang untuk datang ke alamat lembaga bimbel private tersebut. Bener-bener sebuah langkah nekat, karena gue belum punya pengalaman ngajar sebelumnya bahkan materinya pun gue belum tau saat itu.
Eh, ajaibnya gue diterima setelah beberapa saat wawancara singkat. Mungkin karena lembaga tersebut ga punya banyak pilihan lain dimana ada begitu banyak order private, tapi tenaga pengajar terbatas. Belum lagi waktu yang udah begitu mendesak karena besok malamnya gue udah harus mulai mengajar. 


Setelah sign kontrak, gue pun dikasih modul, data diri siswa, dan alamat rumahnya. Dan setelah gue searching alamatnya, tadaaaaa……, lumayan jauh cuy dari kos gue.
“Oke, oke, selalu ada berkah dibalik cobaan”, gue coba tetap positive thinking. 

Emang sih kalo bicara masalah fee, nominal yang gue peroleh ga seberapa belom lagi gue ga dapet uang bensin meskipun tempatnya jauh. Namun sisi baiknya otak gue ga jadi karatan karena kelamaan nganggur. 
Hari pertama ngajar pun tiba. Gue udah beli dan baca buku ekonomi akuntansi SMA kelas XI, download materi dan soal-soal, bahkan karakter siswanya pun gue udah ada gambaran (liat di Facebook dan di forum-forum game online). 
“Bismillahirohmannirohhim”, gue pun berangkat hari itu.
Sebelumnya gue kira persiapan yang cukup matang tadi udah pas dan sempurna. Eh, ternyata masih aja ada kurangnya. Alamat siswa yang gue pikir gampang, ternyata susah cuy nyarinya. Gue sempat nyasar dulu kesana-kemari. 

Pas nanya ke penduduk sekitar, mereka juga pada ga tau. Sekalipun kasih jawaban mereka juga kurang yakin bilangnya. Kayak orang bego’ akhirnya gue pun telat 30 menit dan orang tua siswa tersebut telpon gue dan berinisiatif nyuruh anaknya (si siswa) buat jemput gue di depan jalan masuk kompleks. Hadoooohh….gue malu bangeeet.
Setelah sukses kasih kesan pertama yang rada geblek, gue pun mulai menjalankan kewajiban gue. Sesuai skenario, sesi pertemuan pertama ini gue mulai dengan perkenalan. Kemudian gue mulai membahas garis besar materi yang akan dipelajari, menjelaskan metode pembelajaran, serta menanyakan bagian yang menurut siswa sulit dipahami di sekolah beserta alasannya. Dan terakhir gue coba kasih mini tes untuk mengetahui sejauh apa kemampuan siswa tersebut sebagai tolak ukur teknis pengajaran nantinya.  Mantaaab...

Selang beberapa hari kemudian, gue dapet lagi tawaran mengajar. Kali ini tawaran dari seorang temen yang juga berprofesi part-timer sebagai guru private. Dia kasih tawaran ini ke gue buat gantiin dia karena jadwal dia udah terlalu padat dan ga bakalan sempat meskipun dipaksa-paksain. Sebuah tawaran yang sungguh menantang, yaitu ngajar persiapan SNMPTN untuk mata pelajaran ekonomi/akuntansi. 
Belum sempat gue mampus karena mesti belajar lagi pelajaran kelas XI sebagai guru private, malah mesti ditambah lagi belajar full pelajaran kelas X sampe kelas XII. Siswa yang gue hadapi pun ga tanggung-tanggung. Ada sekitar 30 siswa dengan sebagian besar dari program IPC. Gue mesti sabar, detail, dan benar-benar dasar mengajarnya karena pelajaran ekonomi/akuntansi adalah hal baru bagi mereka. Namun karena ini atas permintaan tolong seorang teman, akhirnya gue ambil tawaran tersebut.
Bukan gue namanya kalo sukses memberikan kesan pertama dengan baik. Karena pengalaman pertama mengajar full satu kelas, gue rada kaget dan nervous. Gue kaget karena pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan siswa di kelas benar-benar “lugu” dan jauh dari yang gue bayangkan. Mungkin karena mereka baru mengenal ekonomi/akuntansi (sebagian besar siswa pilih IPC) atau mungkin mereka sekedar “menguji” gue yang tidak beda jauh usianya dengan mereka. 
Bagi gue, job kali ini merupakan hal yang sangat serius. Ini menyangkut masa depan orang euy. Dan akan jadi apa mereka kelak seandainya mereka gagal meraih impian mereka karena gue (gue udah parno duluan). 

Gue sempat hopeless dengan kondisi tersebut dan bicara dengan teman gue yang kasih tawaran tersebut buat ngundurin diri. Namun apa boleh buat temen gue udah terlanjur bilang gue sanggup gantiin dia sama pihak penyelenggara. Gue pun buletin tekat dan berusaha semaksimal mungkin. Gue yakin gue bisa dan insya’allah siswa-siswa gue bakal sukses SNMPTN.  
Dan begitulah, akhirnya padatnya aktifitas bisa gue raih lagi dalam hidup gue. Hari-hari gue lalui dengan mengajar kelas SNMPTN di pagi hari, bimbel TOEFL© di siang hari, dan mengajar private di malam hari. Di sela-sela kegiatan gue juga sempatin membaca dan belajar lagi materi pelajaran SMA. Ga ada ruginya kok, gue jadi inget lagi pelajaran-pelajaran SMA yang sebagian besar gue udah lupa. 
Setelah dijalani gue menyadari banyak banget pengalaman serta pelajaran yang gue dapet dari mengajar. Gue bisa jadi lebih sabar, lebih mengargai orang lain, ikhlas menerima kritik, dan gue juga bisa dapet temen-temen baru yang sangat menyenangkan yakni siswa-siswi gue. Dan yang pasti gue bangga karena pada akhirnya gue bisa ngerasain salah satu kebahagiaan seorang guru yaitu ketika siswanya berhasil lulus SNMPTN dan sukses meraih impian mereka. Oya, satu lagi. Gue juga bangga sebab pengalaman bekerja pertama gue sama seperti profesi kedua orang tua gue, sekalipun cuma pengalaman part-time.  hahaha....

Pengangguran Amatir

Yah, enam bulan. Emang sih ga selama ibu mengandung (9 bulan 10 hari). Tapi bagi gue waktu enam bulan udah lebih dari cukup untuk bikin gue jadi lebih menghargai waktu. Waktu enam bulan yang gue maksud adalah “jedah” yang mesti gue lewati mulai dari gue menerima gelar A.Md hingga gue berhasil lulus tes program lanjutan ke jenjang S1. Lamaaaa…..banget rasanya karena selama itu pula gue harus menyandang status “pengangguran” Ckckck….
(-_____-").  

Sebagai pengangguran level pemula, pertama-tama gue dituntut untuk memiliki konsistensi akan rencana hidup. Sejak awal gue emang bertekat untuk ga dulu kerja dan fokus lanjutin kuliah. Namun melihat tawaran kesempatan kerja yang begitu banyak serta teman-teman yang banyak sudah diterima bekerja membuat tekat gue sedikit goyah. Gue pun mulai masukin berkas lamaran kesana-kemari, belajar psikotes dan TPA, membaca artikel tips dan trik wawancara, serta cari-cari info perusahaan yang qualified. Usaha gue ini ga bisa dibilang sia-sia begitu aja. Sebagian besar emang cuma sampe psikotes, namun ada juga yang sampe wawancara, dan ada beberapa juga yang keterima. Meskipun pada ujungnya gue ga jadi ambil tawaran-tawaran tersebut. Maklum, masih “ababil”. Hahaha…. 

Sampai suatu ketika gue sadar kalo gue udah cukup jauh keluar dari rencana awal. Melewati berbagai pertimbangan serta diskusi dengan orang-orang yang gue percaya dan layak memberikan masukan, akhirnya gue bulatin tekat untuk stay pada rencana awal. Kuliah!  

Keputusan yang gue bikin ga boleh cuma sampe sebatas omongan. Gue mesti implementasikan dengan ga lagi membuka website-website yang menyediakan info lowongan pekerjaan, ga boleh terpengaruh dengan teman-teman yang telah lebih dulu sukses mendapat pekerjaan, dan berani bilang “tidak” pada setiap tawaran yang ada. Mungkin tar kalo gue udah mau lulus kali ya…(Insya’allah gue bakal nyusul temen-temen gue yang udah kerja, tapi bukan sekarang).

Salah satu hal yang terberat bagi seorang yang memilih jalan ini adalah ketika seseorang bertanya,
“Sibuk apa kamu sekarang?”

Per tanyaan yang sangat mungkin keluar dari setiap galongan orang-orang yang ada disekitar kita. Mulai dari teman, keluarga, dosen, adik/kakak angkatan, ibu kos, sampe tukang burjo. Ada-ada aja yang nanya kayak gini. Sebuah antisipasi jawaban yang cukup diplomatis yang biasa gue keluarin adalah;

“Busy  doing nothing Pak/Bu/Bro…” 

Yah, sedikit mengurangi kekecewaan mendalam dari pada harus bilang “nganggur” secara frontal...hahaha…

Sebenarnya sedikit tidak fear kalo kata “menganggur” digunakan untuk mendiskripsikan jedah waktu selama enam bulan tersebut. Toh, kenyataannya gue ga ngangur-nganggur amat kok. Gue sempatin banyak nulis blog, sibuk belajar soal-soal tes program lanjutan S1, les TOEFL©, sampe part-time jadi guru les private dan jadi tentor bimbel persiapan SNMPTN malah. Dan satu lagi, gue juga cukup sukses membudidayakan ikan hias peliharaan gue. 
(^ ^)d

Selasa, 19 April 2011

Dikasih Uang 1M??

Aaaaarrrrrrrrgggghhhh……..!!!! Gue kesel! Kesel banget hari ini! Gue baru aja ngalamin wawancara terburuk dalam hidup gue. Dari sekian pengalaman gue wawancara, baru kali ini gue alami beginian. Haaaaahhhh……!!!

Berawal dari suatu pagi, sekitar jam 09.45 wib, temen gue sms. 

“Ay, jadi minat daftar ga? Siang ini terakhir!” 

Maksudnya daftar lowongan kerja. Temen gue kasih info kalo ada lowongan Freelance jadi accounting pada salah satu lembaga di universitas gue. Gue mah bersyukur banget punya temen yang mau bagi-bagi info lowongan. Lumayan buat isi waktu kosong and kasih tambahan uang jajan. Oya, temen gue ini emang udah kerja di sana, jadi dia tau banyak info-info terbaru universitas.

Lantas gue pun bales smsnya,

“O’iya! Lupa! Bentar ya aku ke warnet dulu” jawab gue sambil bergegas pergi kirim CV via email. 

Temen gue bilangnya kalo entar langsung wawancara jam 13.00 wib. Heh?? Mendadak banget yak?! Pagi masukin CV, siang langsung wawancara. 

Jam sudah menunjukan pukul 13.00 wib. Gue udah berada di lokasi bersama temen-temen yang lain. Sama kayak gue, mereka berstatus sebagai pelamar. Dari delapan orang tersebut, gue cowo sendiri coba. 

Waktu itu, satu per satu kita diabsen oleh seorang bapak disana. Eh, entah kenapa nama gue ga dipanggil cing. 

Langsung dah gue interupsi, “Pak, nama saya belum dipanggil”. 

“Lah, jeneng mu ra ono e? Yo sing ono wae” jawab bapaknya.

Anjrit! Gue bengong. Apa CV gue ga terkirim yak? Apes banget gue. Tau gini mending gue tiduran dah di kos. 

Lantas temen gue (yang kasih info tadi) telpon, dia bilang file gue tadi ga bisa di buka makanya nama gue ga ada sama bapaknya. Ya udah, untung gue bawa CV hardcopy. Gue kasih aja ke bapaknya trus bilang apa yang baru aja temen gue sampein. 

Proses wawancara pun dimulai. Tanpa banyak bacot tiba-tiba nama gue dipanggil tuk wawancara pertama. Gue udah datang nyaris terakhir coba, kasih berkas juga terakhir, malah dipanggil pertama. Mungkin karena berkas gue di tumpukan paling atas kali ya? 

Jujur, sebenernya gue belum tau persis tentang lembaga ini (goblok!). Bergerak di bidang apa, tar gue kerjanya gimana, posisi gue apa. Bahkan lembaga itu ada aja gue baru aja tau. Denger-denger ni lembaga baru didirikan, belom nyampe satu tahun. Tadinya gue mau tanya-tanya temen sebelum gue wawancara, eh malah ga sempat karena gue dipanggil pertama. Jadi dah gue masuk ruangan tanpa modal tau apa-apa. Hedeeeeeh…(-.-‘)  

Gue pun masuk terus duduk tenang. Di depan gue udah ada bapak yang tadi sama seorang temennya. Hawa mistis langsung terasa. Gue mengatur nafas sejenak, mencoba stay cool sambil kasih senyum palsu terbaik gue. 

Btw, sebenernya sejak awal gue ngerasa rada aneh. Mereka (pewawancara) ga memperkenalkan diri terlebih dahulu, nama dan jabatan mereka apa. Boro-boro memperkenalkan lembaga dan job yang ditawarkan. Baca CV gue aja engga. Tiba-tiba aja mereka langsung memulai wawancara dengan membombardir gue berbagai pertanyaan. 

Nah, di sini nih gue ngerasa ini wawancara terburuk yang gue alami. Entah kenapa gue ga bisa kasih performance terbaik. Entah itu karena gue yang emang lagi kacau ga ada persiapan, atau emang mereka yang mungkin terlalu pintar sampe gue ngerasa ga nyambung. Sepertinya setiap gue selesai ngejawab, tuh bapak selalu dengan sinis komentar; “Oh, cuma itu?” Mulai dari gue memperkenalkan diri, jelasin latar belakang pendidikan gue, jelasin gimana gue di perkuliahan, sampe waktu gue jelasin pengalaman organisasi. Semuanya ga ada yang bisa bikin si bapak kasih respon positif. 

“Ni bapak niat ga sih wawancara?” pikir gue. Gue jadi males duluan ngembangin topik potensi yang gue punya kalo semua yang gue sampein kayaknya ga ada yang spesial di mata tuh bapak. Kalo sekedar ngegertak sih mungkin, tapi kalo udah keseringan itu namanya ngeremehin. Setau gue ya, wawancara itu funsinya untuk mengetahui secara langsung potensi dan karakter seseorang lebih mendalam (mohon koreksi kalo gue salah). Lah ini, boro-boro gue leluasa “ngejual” diri gue, adanya gue disudutin melulu. 

Dan ada satu pertanyaan kasus yang menurut gue bener-bener ga nyambung dan bikin gue makin kesel. Bapaknya bilang; 

“Kalo  seandainya anda saya beri uang buat program penanggulangan bencana sebesar 1 M, apa yang akan anda lakukan?” Si bapak sambil kasih HPnya seakan-akan itu uang satu koper. 

Dengan mantab gue jawab; 

“Dengan dana tersebut, pertama-tama saya akan kirim tim survey untuk mengetahui jumlah korban, tingkat kerusakan, serta kebutuhan pokok para korban yang paling mendesak. Kemudian saya akan mendirikan posko penanggulangan bencana di lokasi. Untuk rehabilitasi jangka panjang, saya juga akan alokasikan sekian persen dana tersebut untuk membangun kembali infrastruktur vital setempat yang mungkin rusak akibat bencana seperti jalan, sekolah dan puskesmas”.

Dan sekali lagi, tuh bapak hanya komentar “Oh, cuma itu?” 

“Heh??” gue nyesek. 

“Terus, kemampuan finance kamu dimananya? Kata si bapak.

“Ya di budgeting awal tadi pak, sewaktu saya melakukan persentase alokasi dana ke berbagai sektor dan prioritas kebutuhan” gue bilang.

“Terus, kalo saya minta pertanggungjawaban anda bagaimana?” Tanya si bapak lagi.

“Ya di LPJ pak, kan setiap penerimaan dan pengeluaran dana dicatet dan dihitung. Ada bukti transaksinya lagi!” jawab gue. Ni bapak ngetes apa memaksa gue jadi bego yak?

“Oh, gitu?” si bapak kembali mengomentari seakan-akan tetap tidak puas dengan jawaban gue.

Pada bagian ini sepertinya gue masih terbilang beruntung. Temen gue yang wawancara pada urutan berikutnya jauh lebih parah. Dia minta si bapak ngejelasin sampe empat kali maksud pertanyaan kasus tersebut. Dengan kronologis yang hampir sama kaya di atas, jawababnya pun nyaris sama kaya jawaban gue. 

Namun tetap aja respon si bapak sama kayak gue tadi. Rada ga puas gitu dengan jawaban temen gue. Bahkan si bapak bilang; 

“Masa dari tadi wawancara jawabannya gitu-gitu mulu. Jadi kemampuan finance yang kalian miliki itu apa?”

Temen gue makin ga mudeng. 

“Kalian ngerti ga sih dengan namanya ngejurnal, bikin buku besar?” timpal si bapak lagi.

“Kalo itu mah saya tau pak” jawab temen gue.

“Ya emang kamu harus tau, masa saya yang lulusan bi**ogi aja lebih tau dari kamu” ujar si bapak dengan nada ngeremehin.

Ternyata maksud dari pertanyaan si bapak minta kita ngejelasin tahap atau proses akuntansi yang bakal di terapkan pada lembaga tersebut. Bener-bener ga nyambung pertanyaannya. Rrrrrrr…..!!!

Mungkin maksud si bapak bagaimana kita mengelola dana 1M tadi sebagai seorang akuntan. Mencatat jumlah kas, mencatat pengeluaran, dan sebagainya. Ini pun tetap aja salah!

Ya jelas dong! Terkait pertanyaan kasus tersebut. Dengan dikasih uang satu milyar dan punya kuasa terhadap uang tersebut, kita yang ditanya pasti bakal menjawab dengan persepsi kita sebagai pimpinan proyek penanggulangan bencana, bukan sebagai akuntan. Lagian, yang namanya akuntan ga bakal pernah pegang uang secara langsung. Apalagi berwenang tuk belanjain. Bisa-bisa bangkrut tuh perusahaan. Masa fungsi penerimaan, pengeluaran, dan pencatatan digabung jadi satu. Puas dah kalo gue jadi akuntannya korupsi. Ini si bapak yang terlalu pinter apa gue yang kelewat goblok ya??

Harusnya tuh bapak sadar kalo ada yang salah dengan pertanyaan tesebut. Jelas-jelas hampir setiap calon yang diwawancara jawabnya nyaris sama. Buktinya temen gue yang lain yang juga peserta wawancara pada malam harinya sms gue, cerita kalo tadi siang pas diwawancara dia dibego-begoin. Bapaknya ga puas gitu dah dengan jawaban dia. Gue ketawa ngakak bacanya. Gue kira gue doang bego! Hahaha…    

Pada cerita ini gue mohon maaf kalo ada pihak yang ngerasa tersinggung. Gue ga bermaksud sara, cuma mau ngeluarin uneg-uneg and kekesalan gue. Selama ini gue ngerasa kalo proses penerimaan karyawan itu layaknya trading. Ada penjual, ada pembeli. Kita saling menghargai dong. Kalo ga puas dengan kualitas barang yang dijual, ya udah cari penjual yang lain. Jangan malah memaki si penjual. Udah belum tentu jadi beli, ngeremehin lagi. Masih banyak kok pembeli lain yang jauh lebih menghargai dan membutuhkan (mohon koreksi kalo gue salah).