Sabtu, 19 Mei 2012

Tom and Jenny


“Kok Jenny sih? Bukannya Tom and Jerry?”.
(catatan : Gua emang ga kreatif)  

Kali ini gua mau cerita tentang kisah dua ekor hewan. Tepatnya kisah cinta dua ekor hewan dari spesies yang berbeda. Antara Tom dan Jenny. Tom adalah seekor kucing dan Jenny seekor tikus. Sekali lagi gua tekankan, ini merupakan cerita cinta-cintaan, sama sekali ga ada adegan kekerasan seekor kucing memangsa tikus di dalamnya.

Kritis, logis, narsis, dan sifilis adalah beberapa sifat yang mungkin merepresentasikan karakter Tom. (untuk sifat yang terakhir penulis cuma becanda). Tom hidup bahagia dan normal sebagaimana seekor kucing remaja pada umumnya. Tidur, bangun, mandi, sarapan, kuliah, ngerjain tugas, dan sesekali nongkrong bareng temen. Namun, kini ada yang berbeda dengan Tom. Ia jadi sulit fokus dan moodnya berfluktuatif naik-turun layaknya harga saham di pasar sekunder. Suatu waktu Tom terlihat normal, penuh dengan semangat dan energi positif yang biasa ia tularkan pada lingkungan sekitarnya. Namun, di satu sisi kita juga akan melihat ia begitu murung dan tanpa arah. Yah, secara kedokteran, Tom bisa dikategorikan terserang penyakit Galauitis stadium tiga.

Sebenarnya masalah dasar yang dihadapi Tom adalah masalah cinta. Ia terlanjur menyukai seorang gadis. Jenny seekor tikus cantik manis yang telah memberikan warna tersendiri dalam hidupnya. Tom dibuat cinta mati pada Jenny tanpa tau sebab ataupun alasannya. Perlu anda tau, belum ada sejarahnya Tom si kucing dibuat tergila-gila dan mau melakukan apa saja demi seorang gadis. Dengan kualitas, potensi serta energi yang dimilikinya, tidak sulit baginya untuk membuat kucing-kucing wanita lumpuh tak berdaya terpikat akan pesona Tom.

Namun tidak bagi Jenny. Sepertinya Jenny sama sekali tidak tertarik pada Tom. Untuk situasi yang lebih ekstrem, kata “jijay” mungkin akan lebih tepat penggunaannya saking tak berartinya Tom di mata Jenny. Ya iyalah, jelas-jelas Jenny seekor tikus dan Tom kucing. Bagaimanapun Tom memaksa, jelas-jelas kucing bukanlah tipe cowok seekor tikus. (Untuk hal ini dapat anda temukan alasannya pada buku Biologi bab Rantai Makanan).

Sekeras apapun usaha Tom untuk menarik perhatian Jenny, hal itu tetap saja benilai nol besar. Mulai dari metode klasik dengan mencari tau serta mempelajari hal-hal kesukaannya, akrab dengan teman-teman dekatnya, sampai cara ekstrem dengan nyamperin langsung rumahnya. Semua udah Tom coba. Itu semua Tom lakukan agar Jenny merasa nyaman dengan dirinya. Tentu semua itu takkan berarti apa-apa tanpa pengaruh yang signifikan bagi hubungan mereka. Semakin keras Tom berusaha, semakin keras pula Jenny menghindar.

Meski Jenny tak pernah melakukannya secara terus terang, bukanlah hal sulit bagi Tom untuk menerjemahkan setiap sikap dan tingkah laku Jenny. Jelas-jelas Jenny ngrasa gak nyaman atas sikap Tom kepadanya.

“Tom, lo tuh mesti Pede! Yang perlu lo lakuin adalah cukup bikin dia nyaman sama lo.”

Berapa kali kalimat itu muncul dari temen-temen Tom selalu ngedukungnya. Yah, mungkin itu satu-satunya yang membuat Tom terus bertahan. Tom tau kalo temen-temennya tau yang terbaik baginya. Dan Tom sangat tidak ingin mengecawakan mereka dengan begitu gampang untuk menyerah. Namun di sisi lain Tom juga menyadari bahwa hal ini bener-bener hal yang sia-sia.

Yah, mungkin selamanya Tom adalah Tom, dan Jenny adalah Jenny. Seekor kucing dan seekor tikus. Setidaknya Tom bersyukur, karena Jenny telah memberikan pelajaran yang paling berharga. Bahwasanya PDKT hanyalah cara untuk tau apakah Jenny adalah seseorang yang Tom butuhkan, atau mungkin hanyalah seseorang yang Tom inginkan.

Tom emang telah jatuh ke dalam sumur patah hati, namun bukan berarti Tom cukup berdiam diri dan menerima kenyataan.

“Lekas bangkit Tom, panjat dan keluarlah dari sumur itu!”

Selasa, 01 Mei 2012

April Mop


“Woiy, gimana cuy? Bentar lagi April Mop loh…Udah ada persiapan blom?? Haha…” 

“Haiissh…so what ?!” Timpal gua datar sembari belaga bego. Saat itu seperti biasa gua lagi ngobrol sambil makan malam bareng temen-temen sepulang kuliah.

“Wooh…ini moment bro, masa lo lewatin gitu aja..hedeeeh…”.

“Hahahay…tar lo mesti siapin kado n surprise yang spesial pokoknya” temen gue lain ikutan mengomentari.

“Hmmm…Yo lah, tar gua pikirin”

“Nah, gitu dong…Tenang Yat, kita bakal bantu n selalu dukung lo” ujar temen gua buat bikin gua tenang.

Tenang? Ya, tenang. Sejujurnya gua selalu “nervous” dalam setiap hal yang terkait dengan dia. Lo bakal liat gua diam seribu bahasa setiap deket dia. Lo bakal ngeliat gua cuma bisa nahan malu sembari muka memerah setiap temen-temen ngegodain gua di depan dia. Lo bakal ngeliat gua ga bisa apa-apa dah, dalam hal apapun yang berhubungan dengan dia.
“So, gimana bisa gua nyiapin surprise ultah buat dia?” this is it, Ini lah masalahnya…

Two weeks before

Gua mulai berpikir buat coba cari kado. Misi ini gua mulai dari kota Yogyakarta. Ya, kebetulan gua ada keperluan disana, sekalian aja gua survey. Dan ternyata dua hari di Yogya sama sekali tidak memberikan hasil yang memuaskan dalam misi gua mencari kado. Gua belum dapet ide yang pas untuk hal satu ini. Akhirnya mau ga mau gua mesti kembali ngelanjutin misi kado gua di Semarang.     

One weeks before

Gua punya suatu filosofi. 
“Sesuatu semakin keras lo cari, semakin sulit dia ditemukan”. 
So, gua pantang untuk bener-bener serius dalam mencari sesuatu yang bener-bener gua inginkan. Dan hal ini benar terbukti. Suatu ketika kebetulan gua lewat depan sebuah outlet Kedai Digital. Eh. tiba-tiba aja gua dapet ide buat bikin sendiri kado di sana. Yup, tanpa harus berpikir keras, jalan keluar datang dengan sendirinya.

Terdapat suatu benda yang menurut gua “netral” dan pas buat dijadiin kado, yakni sebuah mug. Ya itung-itung gua bisa sekalian nyalurin hoby lama gua dalam hal disain. Namun, gua ga serta-merta ngedisain terus pesen. Masih ada beberapa hari sampe bener-bener mepet, siapa tau gua masih bisa nemu ide yang lebih baik.

Namun perkiraan gua salah. Selama gua memperhatiin dia, justru ide konsep dan bahan disain mug doang malah yang gua dapet. Mulai dari hari ultahnya yang kebetulan bersamaan dengan pertandingan Arsenal, tim favoritnya. Dan gua juga inget sewaktu karoke bareng, salah seorang temen gua nyanyi lagu SNSD, girls band yang juga diidolain oleh dia. Ya kenapa ga, gua bikin disain baik Arsenal maupun SNSD semua pada ngucapin selamat ultah ke dia. Di luar disain, gua juga suka banget dengan dengan bentuk mugnya. so suitable to represent my feelings. Haiisssshh…    

One day before

Gawat! Menjelang hari H, gua malah dapet kabar kalo temen gua Rahma sakit. Si Rahma ini gua mintain tolong buat mastiin dia di rumah atau dimanapun kalo emang memungkinkan kita buat kasih surprise. Ditambah lagi si Abhi n Anti yang biasanya koordinir anak-anak malah ikut-ikutan sakit dan ke luar kota.

“Buset, gimana ini?” pikir gua.

“Ya udah, nyantai aja kali. Tar gua dah yang gali informasi” ujar temen gua, Adit. Saat itu kita emang lagi nongkrong bareng berenam.   

“Bener ya? Jangan sampe dia curiga loh. Tar kalo dia ga ngebales, lo coba hubungi Ruroh (temen deketnya satu lagi) buat mastiin posisi dia besok dimana”

At the time

Pagi itu adit sms;

“Yat, gua dapet balasan dari Ruroh kalo dia hari ini ga di rumah”

“Hmmm…bisa-bisa batal dong suprisenya…” pikir gua.

Temen-temen yang lain pun pada nge-sms gua prihal kepastian rencana surprise kita pagi itu. Bahkan beberapa saat setelah itu Adit dan Abhi sempatin dateng langsung ke kos gua buat ngebahas plan B nya gimana.

“Ya udah guys, mau ga mau besok senin aja habis kuliah pajak. Gimana?” gua coba kasih opsi.

“Iya sih yat, tapi tar kita coba liat dulu siang atau sore nanti”.

Alhasil, kita terpaksa pending rencana kita hari itu. Setidaknya sampai tar sore.
Dan benar, sore harinya kebetulan gua ngeliat dia online. Dan yang pasti bukan via handphone. Artinya, ada kemungkinan dong sekarang dia ada di rumah.

“Gimana ni brur? Sopan ga sih kalo dateng tar malem?” gua minta pendapat Adit n Abhi.

“Ya udah, nekat aja yat. Sekalipun dia ga ada, tar surprisenya buat tetangganya aja” ujar Abhi yang masih sempat-sempatnya becanda.

 “Oke, gua sms anak-anak yang lain ya buat kumpul di kos gua habis magrib”

Sambil menunggu temen-temen lengkap berkumpul. Gua coba browsing alamatnya. Ga lucu aja rasanya kalo dalam tulisan ini gua cerita kalo gua sempat nyasar cari alamat.

“Oke, semua persiapan beres! Berangkat yok!” seru gua ke temen-temen yang emang sedari tadi emang udah siap berangkat.

“Eh, ucapan ultahnya gimana? Udah belom?” seru temen gua, Lina. 

“Ah, ga usah. Kan udah ada juga tulisan di mugnya” jawab gua.

“Ya ga lah…wajib itu, masa ga ada ucapan sama sekali…”

“Hedeeeeeh….terus gimana? Gua mesti nulis apa ini??” gua beneran bingung.

“Apa aja lah, semoga panjang umur n sehat selalu kek” ujar seorang temen gua ikut ngasih ide.

“Ah biasa, ada ide lain?”

“RRrrrr……ya udah, terserah lo dah, buruan gih”

Berhubung waktu udah makin mepet, tanpa banyak pikir panjang entah ide dari mana tau-tau aja gua nulis :

“Semoga bisa segera pergi ke Seoul…”

Haiiiissssh…bener-bener ucapan ultah paling ga mutu! Hahaha…

Setelah lima belas menit perjalanan, kita udah tiba di depan gang rumahnya. Kita sengaja berhenti sebentar buat nunggu beberapa ekor teman yang tadi terpisah di perjalanan serta ada seorang temen lainnya yang juga baru aja datang menyusul.

Setelah semua Crew dirasa komplit, kita pun bergegas masuk blok dan mencari nomor rumahnya. Tanpa harus susah-susah nyari, ternyata rumahnya tepat di awal masuk.

“Waduh, rumahnya kok pada tutupan ya?” seru gua.

“Ada orangnya ga nih?”

“Masuk aja langsung yat, trus panggil” ujar Adit tanpa basa-basi sembari membuka pintu pagar kemudian langsung mengetok pintu rumahnya.
Gua dan temen-temen yang lainnya bagi tugas buat nyiapin kue, lilin dan kado.

Beberapa menit kemudian ia pun keluar. 
Taadaaaaa……!!!
Serentak kita pada nyanyi lagu selamat hari ulang tahun sambil nyerahin kue dan kado yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tiup lilin, make a wish, dan potong kue.

Gua emang ga tau persis bagimana perasaan dia akan surprise yang kami buat. Semoga aja dia merasa seneng dan bahagia malam itu.

Happy birthday yaa… 


Minggu, 01 April 2012

A Commitment



“Udaaaaaah…. Kalo ga sanggup, mending lo cari yang lain dah. Usia lo ama dia hampir sama. Bahkan itu itungannya tuaan dia kalee dari lo” ujar Farah.

“Emang kenapa dengan usia?!” gue balik tanya dengan nada sedikit meninggi.

“Eh, gue kasih tau ya, usia itu juga menentukan sukses atau ga nya suatu hubungan.”

“Cowo ama cewe memiliki persepsi yang berbeda dalam menyikapi usia. Menginjak usia 21 atau 22 udah sewajarnya cewe memikirkan suatu hubungan yang serius alias pernikahan. Kalo cowo mah rada santai, cz mesti kerja cari uang dulu yang banyak ”

“Lah, terus kenapa?” gue makin dibikin bingung.

“Emang lo siap kalo si cewe suatu saat minta nikah? Di usia cewe mateng buat nikah, elo belom mateng bego.” seru Farah sewot.

Suasana jadi hening. Sejenak gue berpikir, ada benernya juga sih apa yang dibilang Farah. Dilihat dari sejarah gue pacaran, selama ini gue selalu suka sama cewe yang seusia. Ga bener-bener tepat seusia juga sih, paling beda beberapa bulan. Entah itu gue yang lebih tua kalo si cewe lebih tua dari gue. Tapi jujur, gue sama sekali ga ada kepikiran apalagi punya masalah dengan yang namanya usia. Selama gue suka dan ngerasa dia ngelengkapin hidup gue, kenapa engga. Dan ga tau kenapa gue ngerasain ini kebanyakan ke cewe yang seusia dengan gue.  

Omongan Farah barusan bener-bener bikin gue kepikiran. Cewe sama cowo bukan cuma berbeda dalam persepsi akan menyikapi usia. Tapi kenyataannya cewe emang jauh lebih cepat dewasa dibandingin cowo. Gue inget waktu gue pertama kali pacaran. Cewe gue yang lebih tua satu bulan dari gue justru jauh lebih dewasa. Keliatan dari dia yang lebih banyak ngajarin gue kalo pacaran mesti gimana. Dalam arti ngajarin gimana jadi cowo yang baik, setia dan nyenengin loh. Begitu juga halnya dalam menikah. Temen-temen gue yang cewe sekarang satu per satu udah mulai pada nikah. Jelas banget kalo cewe itu tahap siklus hidupnya lebih cepet dibanding cowo.

Kayaknya emang mesti ada jarak ideal antara usia cowo dan cewe. Sebab cewe biasanya dikejar target mesti nikah mengijak usia 22 sampe 24an (mungkin takut umur ekonomisnya keburu habis kali ya?). Di satu sisi, cowo mah bisa apa usia segitu. Apa lagi bagi mereka yang baru lulus dan masih cengegesan kesana-kemari masukin lamaran. Sekalipun udah dapat kerja, rata-rata usia segitu mah belum tentu dapet posisi karir dengan gaji yang ideal buat nikah. Begitu juga kalo buka usaha, pasti belum gede-gede amat omsetnya scr baru dirintis.

Cowo perlu waktu untuk ngeraih achievement dalam hidupnya. Kalo saja si cewe bisa sedikit sabar dan ngerti kalo kesuksesan itu perlu proses. Bukannya minta putus terus cari cowo yang lebih mapan. Wajar aja kalo pacaran sebaya sangat tidak direkomendasikan.

“Mumpung masih muda dan berstatus mahasiswa, sebagai cowo lo mesti rintis masa depan lo dari sekarang.” ujar Farah seraya menyadarkan lamunan gue.

Dan ga kerasa ternyata gue udah sampe di depan rumah Farah.

“Thanks ya udah nganterin. Oya, jangan lupa; Get your highest achievement for you and for her soon! Oke!

Gue cuma bisa senyum simpul sembari mengiyakan, lalu pergi menghilang bersama bayang lampu-lampu jalan.



Happy Birthday Naruto!!



Bicara soal ulang tahun, Naruto terhitung udah tiga kali mendapatkan surprise. Untuk usia yang udah menginjak kepala dua, sangat aneh emang rasanya. Masa sih baru tiga kali? Kasian amat.

Surprise ultah pertama Naruto yaitu ketika acara rapat LPJ sekaligus serah-terima jabatan ketua HMJ di “mantan” kampus Naruto. Maklum, sejak dulu Naruto emang tergolong ninja yang aktif berorganisasi (*sebagai alibi untuk menutupi nilainya yang rada ceper).

Surprise tersebut tepat ketika Naruto menutup pidatonya di depan forum. Tiba-tiba ruangan rapat jadi gelap karena lampu ruangan dimatiin, dan tadaaa….ada kue ulang tahun plus lilin dibawa ke depan nyamperin Naruto. Tanpa aba-aba temen-temen peserta rapat pada nyanyi lagu selamat ulang tahun sembari bertepuk tangan. Naruto bengong n ga ngerti mesti berbuat apa. Sembari tersenyum simpul Naruto memandang haru kue ulang tahun tepat di depannya.

“Huuuuffftt….!!” Dengan penuh semangat Naruto meniup lilin di atas kue tersebut. Namun malang, bahagia yang Naruto rasakan membuat ia sedikit lengah. Kebrutalan temen-temennya yang langsung nyerobot dan melahab habis kue tersebut sukses membuat Naruto gagal mencicipi kue ultah pertamanya. Tragis...(T_T)

Surprise ultah kedua tepat setahun kemudian. Malam itu Naruto tidur lebih cepat karena ga ada acara tv yang menarik. Naruto sama sekali ga nyangka kalo surprise tersebut bakal Ia terima tepat pukul 00.00 wib tanggal 24 Desember 2010. Malam yang hening di kos-kosan Naruto tiba-tiba ngebuncah-ruah dengan teriakan serta nyanyian selamat ulang tahun di tengah malam.

Kali ini ga ada kue ulang tahun. Yang ada hanyalah sepiring gorengan dengan sebatang lilin.Meskipun lebih layak disebut lilin dengan gorengan saking gedenya lilin tersebut. Pas banget, malam-malam makan gorengan rame-rame bareng sahabat. Apa lagi makannya pas lagi ulang tahun. Maknyus! Hahaha…Oyah, sebenarnya pas pagi harinya Naruto dapet surprise kue ultah lagi sih dari seseorang. Tapi, ya sudahlah. Skip! Skip! Haha…

Setahun berikutnya Naruto pindah kampus. Perpindahan ini bertujuan untuk mengejar ketertinggalan Naruto dalam menguasai jurus-jurus baru yang telah berkembang pesat seiring arus globalisasi. Hal ini tentu menuntut ninja-ninja muda seperti Naruto untuk memenuhi kualifikasi standard ninja internasional.

Di kelas ninja Naruto yang baru, terdapat sebuah tradisi. Yaitu setiap anggota kelas ulang tahun, mesti dikasih surprise. Sekalipun itu jatuh pada hari libur weekend atau pun liburan akhir semester (saking akrab n solidnya). Ya paling ga ucapan selamat ulang tahun lah, cz kalo libur biasanya anak-anak pada mudik sehingga sulit buat kumpul-kumpul bikin surprise, apa lagi kalo yang mudik adalah yang ulang tahun itu sendiri (satu kejadian yang nyaris bikin pecah kongsi).

Di surprise Naruto yang ketiga, ultah Naruto tepat pada hari sabtu menjelang libur Natal dan minggu tenang. Otomatis temen-temen Naruto mesti pada pergi mudik toh ke daerahnya masing-masing. Dan sekali lagi, Naruto bener-bener ga nyangka bakal mendapatkan surprise. Berikut detail kejadian surprise Naruto saat itu;

“Narutooo…” samar-samar terdengar suara seseorang memanggil dari luar.

“Hmm? Ah, paling suara tukang rujak…” gumam Naruto sembari asik melanjutkan nyuci pakaian di belakang.

“Narutooo….” Terdengar lagi suara panggilan, kali ini rada jelas dan bisa dipastikan itu bukan suara tukang rujak.

“Ooiiy…!!” sahut Naruto dari dalam sambil bergegas nyari kunci buat bukain pintu.

Kedua suara tersebut emang khas di telinga Naruto. Meskipun rada cempreng n kalah merdu sama suara kentut, gini-gini suara itu merupakan suara kedua sahabat Naruto yang emang udah biasa manggil setiap kali main ke kos Naruto. Ajaib emang, dari 24 jam yg mereka miliki, ¾ nya nyaris dihabiskan di kosan Naruto. Ga heran kalo tanpa curiga Naruto bukain pintu sebagaimana biasanya.

Dan, jreeeeng…jreeengg….

Naruto kaget!

Sekali lagi,

Naruto Kaget!

*sengaja diulang untuk meyakinkan kalo Naruto benar-benar kaget.

Tau apa yang bikin Naruto kaget? Ternyata yang manggil beneran tukang rujak?? Bukaaann….


Yang bikin kaget Naruto adalah temen-temennya udah pada kumpul di depan pintu sambil nyanyi lagu selamat ulang tahun.

Wuuu….entah seneng, entah kesel, pokoknya campur aduk perasaan Naruto pagi itu. Temen-temennya pada pake bawa-bawa si Hinata lagi *(baca episode sebelumnya). Jatuh dah harga diri Naruto. Masa Naruto yang imagenya keren malah tampil kucel plus bau asem belom mandi? Tambah lagi celana Naruto basah saat itu karena kebetulan ia lagi nyuci pakaian. Kurang lengkap apa coba buat bikin image Naruto hancur. Sampe salah seorang temen Naruto ada yang nyeletuk;

“Wah, payah Naruto. Belom apa-apa udah basah…” sembari tertawa terbahak.

Dasar tengil, maksudnya apa coba. Hedeeeh…(-____-“)7

Sama seperti surprise ultah Naruto sebelum-sebelumnya. Serprise kali ini begitu special. Mulai dari ultah ditengah-tengah para sahabat, lengkap dengan kue ultah (roti sobek pake lilin), nasi bungkus, serta kado. Semua begitu special. Terutama kado, kado ultah kali ini merupakan kado ultah pertama naruto yang berupa barang rill. Walaupun barangnya rada ga jelas dan menimbulkan “efek samping”. hahaha…

“Thank you guys for the greatest surprise and special gifts. Especially for Hinata yang udah nyempatin  dateng dan mau-maunya diceng-cengin".