Selasa, 19 April 2011

Dikasih Uang 1M??

Aaaaarrrrrrrrgggghhhh……..!!!! Gue kesel! Kesel banget hari ini! Gue baru aja ngalamin wawancara terburuk dalam hidup gue. Dari sekian pengalaman gue wawancara, baru kali ini gue alami beginian. Haaaaahhhh……!!!

Berawal dari suatu pagi, sekitar jam 09.45 wib, temen gue sms. 

“Ay, jadi minat daftar ga? Siang ini terakhir!” 

Maksudnya daftar lowongan kerja. Temen gue kasih info kalo ada lowongan Freelance jadi accounting pada salah satu lembaga di universitas gue. Gue mah bersyukur banget punya temen yang mau bagi-bagi info lowongan. Lumayan buat isi waktu kosong and kasih tambahan uang jajan. Oya, temen gue ini emang udah kerja di sana, jadi dia tau banyak info-info terbaru universitas.

Lantas gue pun bales smsnya,

“O’iya! Lupa! Bentar ya aku ke warnet dulu” jawab gue sambil bergegas pergi kirim CV via email. 

Temen gue bilangnya kalo entar langsung wawancara jam 13.00 wib. Heh?? Mendadak banget yak?! Pagi masukin CV, siang langsung wawancara. 

Jam sudah menunjukan pukul 13.00 wib. Gue udah berada di lokasi bersama temen-temen yang lain. Sama kayak gue, mereka berstatus sebagai pelamar. Dari delapan orang tersebut, gue cowo sendiri coba. 

Waktu itu, satu per satu kita diabsen oleh seorang bapak disana. Eh, entah kenapa nama gue ga dipanggil cing. 

Langsung dah gue interupsi, “Pak, nama saya belum dipanggil”. 

“Lah, jeneng mu ra ono e? Yo sing ono wae” jawab bapaknya.

Anjrit! Gue bengong. Apa CV gue ga terkirim yak? Apes banget gue. Tau gini mending gue tiduran dah di kos. 

Lantas temen gue (yang kasih info tadi) telpon, dia bilang file gue tadi ga bisa di buka makanya nama gue ga ada sama bapaknya. Ya udah, untung gue bawa CV hardcopy. Gue kasih aja ke bapaknya trus bilang apa yang baru aja temen gue sampein. 

Proses wawancara pun dimulai. Tanpa banyak bacot tiba-tiba nama gue dipanggil tuk wawancara pertama. Gue udah datang nyaris terakhir coba, kasih berkas juga terakhir, malah dipanggil pertama. Mungkin karena berkas gue di tumpukan paling atas kali ya? 

Jujur, sebenernya gue belum tau persis tentang lembaga ini (goblok!). Bergerak di bidang apa, tar gue kerjanya gimana, posisi gue apa. Bahkan lembaga itu ada aja gue baru aja tau. Denger-denger ni lembaga baru didirikan, belom nyampe satu tahun. Tadinya gue mau tanya-tanya temen sebelum gue wawancara, eh malah ga sempat karena gue dipanggil pertama. Jadi dah gue masuk ruangan tanpa modal tau apa-apa. Hedeeeeeh…(-.-‘)  

Gue pun masuk terus duduk tenang. Di depan gue udah ada bapak yang tadi sama seorang temennya. Hawa mistis langsung terasa. Gue mengatur nafas sejenak, mencoba stay cool sambil kasih senyum palsu terbaik gue. 

Btw, sebenernya sejak awal gue ngerasa rada aneh. Mereka (pewawancara) ga memperkenalkan diri terlebih dahulu, nama dan jabatan mereka apa. Boro-boro memperkenalkan lembaga dan job yang ditawarkan. Baca CV gue aja engga. Tiba-tiba aja mereka langsung memulai wawancara dengan membombardir gue berbagai pertanyaan. 

Nah, di sini nih gue ngerasa ini wawancara terburuk yang gue alami. Entah kenapa gue ga bisa kasih performance terbaik. Entah itu karena gue yang emang lagi kacau ga ada persiapan, atau emang mereka yang mungkin terlalu pintar sampe gue ngerasa ga nyambung. Sepertinya setiap gue selesai ngejawab, tuh bapak selalu dengan sinis komentar; “Oh, cuma itu?” Mulai dari gue memperkenalkan diri, jelasin latar belakang pendidikan gue, jelasin gimana gue di perkuliahan, sampe waktu gue jelasin pengalaman organisasi. Semuanya ga ada yang bisa bikin si bapak kasih respon positif. 

“Ni bapak niat ga sih wawancara?” pikir gue. Gue jadi males duluan ngembangin topik potensi yang gue punya kalo semua yang gue sampein kayaknya ga ada yang spesial di mata tuh bapak. Kalo sekedar ngegertak sih mungkin, tapi kalo udah keseringan itu namanya ngeremehin. Setau gue ya, wawancara itu funsinya untuk mengetahui secara langsung potensi dan karakter seseorang lebih mendalam (mohon koreksi kalo gue salah). Lah ini, boro-boro gue leluasa “ngejual” diri gue, adanya gue disudutin melulu. 

Dan ada satu pertanyaan kasus yang menurut gue bener-bener ga nyambung dan bikin gue makin kesel. Bapaknya bilang; 

“Kalo  seandainya anda saya beri uang buat program penanggulangan bencana sebesar 1 M, apa yang akan anda lakukan?” Si bapak sambil kasih HPnya seakan-akan itu uang satu koper. 

Dengan mantab gue jawab; 

“Dengan dana tersebut, pertama-tama saya akan kirim tim survey untuk mengetahui jumlah korban, tingkat kerusakan, serta kebutuhan pokok para korban yang paling mendesak. Kemudian saya akan mendirikan posko penanggulangan bencana di lokasi. Untuk rehabilitasi jangka panjang, saya juga akan alokasikan sekian persen dana tersebut untuk membangun kembali infrastruktur vital setempat yang mungkin rusak akibat bencana seperti jalan, sekolah dan puskesmas”.

Dan sekali lagi, tuh bapak hanya komentar “Oh, cuma itu?” 

“Heh??” gue nyesek. 

“Terus, kemampuan finance kamu dimananya? Kata si bapak.

“Ya di budgeting awal tadi pak, sewaktu saya melakukan persentase alokasi dana ke berbagai sektor dan prioritas kebutuhan” gue bilang.

“Terus, kalo saya minta pertanggungjawaban anda bagaimana?” Tanya si bapak lagi.

“Ya di LPJ pak, kan setiap penerimaan dan pengeluaran dana dicatet dan dihitung. Ada bukti transaksinya lagi!” jawab gue. Ni bapak ngetes apa memaksa gue jadi bego yak?

“Oh, gitu?” si bapak kembali mengomentari seakan-akan tetap tidak puas dengan jawaban gue.

Pada bagian ini sepertinya gue masih terbilang beruntung. Temen gue yang wawancara pada urutan berikutnya jauh lebih parah. Dia minta si bapak ngejelasin sampe empat kali maksud pertanyaan kasus tersebut. Dengan kronologis yang hampir sama kaya di atas, jawababnya pun nyaris sama kaya jawaban gue. 

Namun tetap aja respon si bapak sama kayak gue tadi. Rada ga puas gitu dengan jawaban temen gue. Bahkan si bapak bilang; 

“Masa dari tadi wawancara jawabannya gitu-gitu mulu. Jadi kemampuan finance yang kalian miliki itu apa?”

Temen gue makin ga mudeng. 

“Kalian ngerti ga sih dengan namanya ngejurnal, bikin buku besar?” timpal si bapak lagi.

“Kalo itu mah saya tau pak” jawab temen gue.

“Ya emang kamu harus tau, masa saya yang lulusan bi**ogi aja lebih tau dari kamu” ujar si bapak dengan nada ngeremehin.

Ternyata maksud dari pertanyaan si bapak minta kita ngejelasin tahap atau proses akuntansi yang bakal di terapkan pada lembaga tersebut. Bener-bener ga nyambung pertanyaannya. Rrrrrrr…..!!!

Mungkin maksud si bapak bagaimana kita mengelola dana 1M tadi sebagai seorang akuntan. Mencatat jumlah kas, mencatat pengeluaran, dan sebagainya. Ini pun tetap aja salah!

Ya jelas dong! Terkait pertanyaan kasus tersebut. Dengan dikasih uang satu milyar dan punya kuasa terhadap uang tersebut, kita yang ditanya pasti bakal menjawab dengan persepsi kita sebagai pimpinan proyek penanggulangan bencana, bukan sebagai akuntan. Lagian, yang namanya akuntan ga bakal pernah pegang uang secara langsung. Apalagi berwenang tuk belanjain. Bisa-bisa bangkrut tuh perusahaan. Masa fungsi penerimaan, pengeluaran, dan pencatatan digabung jadi satu. Puas dah kalo gue jadi akuntannya korupsi. Ini si bapak yang terlalu pinter apa gue yang kelewat goblok ya??

Harusnya tuh bapak sadar kalo ada yang salah dengan pertanyaan tesebut. Jelas-jelas hampir setiap calon yang diwawancara jawabnya nyaris sama. Buktinya temen gue yang lain yang juga peserta wawancara pada malam harinya sms gue, cerita kalo tadi siang pas diwawancara dia dibego-begoin. Bapaknya ga puas gitu dah dengan jawaban dia. Gue ketawa ngakak bacanya. Gue kira gue doang bego! Hahaha…    

Pada cerita ini gue mohon maaf kalo ada pihak yang ngerasa tersinggung. Gue ga bermaksud sara, cuma mau ngeluarin uneg-uneg and kekesalan gue. Selama ini gue ngerasa kalo proses penerimaan karyawan itu layaknya trading. Ada penjual, ada pembeli. Kita saling menghargai dong. Kalo ga puas dengan kualitas barang yang dijual, ya udah cari penjual yang lain. Jangan malah memaki si penjual. Udah belum tentu jadi beli, ngeremehin lagi. Masih banyak kok pembeli lain yang jauh lebih menghargai dan membutuhkan (mohon koreksi kalo gue salah). 

Rabu, 13 April 2011

Renang

Di kampung halaman gue, bisa dibilang renang merupakan syarat pokok untuk bikin KTP (pasti pada ga percaya). Sebagai kawasan penduduk yang tumbuh dan berkembang di sepanjang aliran sungai, warga kampung gue sangat memegang teguh sebuah pepatah bijak; 


“Buang air besar kita di hulu, berenang-renang kita ke tepian”. 


Sebuah pepatah yang telah diaplikasikan dari generasi ke generasi. Ga heran kalo buang air besar dan berenang merupakan rangkaian aktifitas yang biasa dilakukan, baik anak-anak, dewasa, maupun lansia.
Tanpa bermaksud membuat pembaca mual, tulisan gue kali ini tidak      berfokus pada buang air besar. Melainkan menceritakan tentang pengalaman gue dalam hal renang. Yang jelas bukan pengalaman renang ala kampung halaman gue barusan! (*sewot). 

Pada suatu hari yang cerah...

“Eh, tar siang renang yuk!” kata temen kakak gue. 

“Hayo, lo ikut ga?” kata kakak gue yang juga nawarin ke gue yang kebetulan ikut ngumpul. 

Gue cuma mangguk kayak guguk tanda mengiyakan. 

Semenjak kuliah di Yogya, gue emang jarang banget berenang. Kayaknya rasa males and alesan ga ada temen sukses bikin gue jarang melakukan hobi yang satu ini. Alhasil, ajakan kakak gue dan temen-temennya ini jelas ga bakal gue sia-siain. 

Gue pun segera berkemas milih-milih kolor yang maching dan cihuy buat dipake renang. Pilihan gue jatuh pada kolor pink dengan renda serta motif bunga-bunga. Namun, gue tiba-tiba mendapat firasat buruk membayangkan apa yang bakal terjadi dengan gue yang pake kolor tersebut di kolam renang nantinya. Akhirnya niat itu gue batalin. 

Sesampainya di kolam renang, tanpa basa-basi gue langsung nyebur (ya iyalah, masa tidur siang dulu). Gue langsung praktekin semua jurus-jurus renang yang gue pelajari di kampung. Mulai dari gaya hamster, tokek, kucing, sampe onta semuanya gue keluarin. Belakangan gue tau kalo hewan-hewan  barusan pada ga bisa renang alias bakal mati kelelep.    

Sumpah, lama ga renang ternyata bikin gue cepet capek. Blom lagi teknik renang gue yang membabi-buta sangat menguras tenaga. Sebelum gue nyelem ga naik-naik (red:tengelam), akhirnya gue putuskan tuk menyudahi renang gue hari ini. Kakak gue sama temen-temennya sih tetep, berenang dengan riang gembira layaknya kawanan bebek baru liat air.

Gue yang udah bilas dan berpakaian lengkap duduk manyun di pinggir kolam sambil nungguin yang lain selesai. Dengan headset di telinga, gue nyetel musik berharap bisa usir rasa bosan menunggu. Sambil clingak-clinguk gue perhatiin sekitar gue. Sesekali gue ketawa-ketawi sendiri liat fenomena-fenomena unik di kisaran kolam renang saat itu.

Mulai dari geng gempal yang berada di sebelah gue. Sewaktu datang, mereka seperti kawanan pesumo edan siap ngamuk menyerang waterboom yang  damai. Gue ga kebayang kalo mereka secara serentak terjun bareng ke kolam. Bisa-bisa kolam jadi kering, airnya tumpah kemana-mana. Tapi siapa sangka, ternyata kawanan pesumo ini jauh lebih jinak dari yang gue bayangin. Sebagian besar mereka ternyata hanya duduk-duduk ngemil sambil pamer udel di bibir kolam. Sebagian lagi ngapung di air menyerupai tumpukan bangke singa laut.

Ternyata ga cuma pengunjung kolam yang unik. Petugas kolam pun ga kalah unik. Liat saja salah seorang Bapak lifeguard yang duduk di pojok kolam renang. Kayak elang kesambet, matanya waspada mengawasi pengunjung yang berenang-renang di air, terutama anak-anak.

Yang unik bagi gue adalah pada pakaian si Bapak. Bukan, bukan karena do’i pake kolor favorit gue. Melainkan tuh Bapak pake pakaian yang terlalu rapi. Dengan celana bahan rapi strikaan, lengkap dengan jam tangan kuning emas dan sepatu vantofel kinclong di kakinya. Selain kaos seragam lifeguardnya, secara keseluruhan penampilan tuh Bapak sangat tidak mencerminkan seorang lifeguard semestinya (apa jangan-jangan lifeguard kantoran kali yak?). 

Menurut gue ini sungguh mengkhawatirkan. Gue tau persis tuh Bapak bukan Superman yang apabila dalam keadaan genting bisa berubah dan berganti pakaian secepat kilat. Gue membayangkan ketika keadaan genting, salah seorang pengunjung kolam kelelep ga bisa renang. Bukannya bergegas bantu nyelametin, eh dengan santainya tuh Bapak berganti pakaian terlebih dahulu. Melepas sepatu, kaos kaki, jam tangan dan celana bahannya dengan berlahan dan hati-hati biar ga kotor atau pun kusut. Terus si Bapak membuka loker pakaiannya, memilih-milih kolor yang nyaman serta aerodinamis. Terus coba pakai satu per satu koleksinya sambil bergaya narsis di depan cermin. Setelah merasa cocok, baru dah tuh Bapak ngacir menyelametin si korban yang nyawanya udah di ujung tenggorokan. Gue bisa tebak, ga perlu waktu lama kolam ini bakal jadi kolam renang angker dengan keganasannya menelan banyak korban jiwa melebihi Pantai Selatan. 

Bicara tentang kolam renang, tentunya tak terlepas dari cewe-cewe yang turut memeriahkan suasana kolam. Yah, tak bisa dipungkiri keberadaan mamalia satu ini seperti garam dalam sebuah masakan. Bikin masakan jadi lebih gurih dan renyah. Entah kenapa di kolam renang para mamalia ABG ini sungguh sangat menarik perhatian gue. Sebagai lelaki yang (sok) alim, gue sebisa mungkin menahan pandangan serta mimisan yang mungkin tinggal menunggu hitungan mundur bakal muncrat keluar dengan sendirinya. 

Gue ga kebayang apa jadinya kolam renang tanpa kehadiran spesies mamalia-mamalia ini. Mungkin yang ada hanyalah pemandian umum bernama Kolam Panti Homo. Isinya ya para lelaki buncit berbokong naik. Lengkap dengan celana renang super ketat sehingga nampak jelas pahlawan revolusi.

Cerita pengalaman di kolam renang gue ini pun mungkin ga bakal jadi kayak gini. Gue bakal mengupas tuntas topik machonya para lelaki pemandian umum Panti Homo. Mulai dari topik perut mereka yang six pack sampe yang one pack. Tentang bulu kaki, bulu hidung, ampe bulu dada mereka yang tumbuh liar menyatu dengan bulu ketek. Dan masih banyak topik-topik menarik lainnya yang tentunya memacu “adrenalin”.

Sungguh, ga lucu rasanya kalo suatu saat terjadi percakapan gue dan temen gue yang lama ga ketemu,

Temen gue       : “Eh, Cuy! Apa kabar? Kerja dimana lo sekarang?” 

Gue               : “Apik Bro, Sekarang gue udah kerja jadi Penulis di sebuah Majalah Homo Dewasa!” 

Temen gue       : “Woo…mantep cuk! Gue tau banget lo emang berbakat sejak dulu!"

  “Kapan-kapan ajak gue ya jadi  jadi narasumber di rubrik Tokoh Homo Minggu Ini!”

Gue                 : ”Yo’i coy…Tar gue hubungin lo lagi!”


 Ga di kolam, ga di sungai, gue selalu punya aksi! (^ ^)

Serialized Story, Part I

Kata orang bijak; “Kalo mau diingat sama dunia, maka menulislah”. 
Asal lo tau, nenek moyang kita bukanlah seorang pelaut. Tapi seorang penulis. Nenek moyang kita dulu adalah penulis yang nulis di dinding-dinding goa (tulisannya sih lebih mirip sisa cebok yang dilap ke tembok). 

Fokus, topik tulisan gue kali ini adalah kisah pengalaman cinta gue. Sejauh ini, gue udah pacaran sampe empat kali. Yang pertama pas gue duduk di kelas dua SMP, dimana pipis aja gue belom lurus. 
Tapi jangan dibanyangin gue pacaran kayak anak-anak muda zaman sekarang yang masya’allah ga ketulungan. Gue mah biasa aja, atau mungkin malah “ga biasa” (namanya aja masih anak-anak). 

Waktu itu gue pacaran secara ga sengaja. Biasalah anak-anak, suka maen jodoh-jodohin. Waktu itu temen-temen gue ngejodohin gue dengan salah satu cewek di kelas, sebut aja Dita. Do’i cantik, putih, dan manis. Persis banget Dona Agnesia versi anak-anak. Temen-temen gue suka becanda dengan iseng nulis nama do’i di bangku, meja, penggaris dan tas gue pake tipe-x. Gimana ga salting gue dulu, cz temen-temen sekelas kira gue sendiri yang nulis and ngefans abis sama do’i (walau sebenernya emang suka sih*malu). 

Dan ajaib, gue malah jadian ama temen ane yang duduk di depannya Dita. Ini gara-gara gue suka curi-curi pandang ngeliatin si Dita. Eh, malah yang duduk di depan do’i yang keGe’Eran ngerasa gue perhatiin. Alhasil, “peluru” tembakan gue meleset salah sasaran (goblok!). 

Pacar pertama gue jadinya bukan Dita, melainkan Nova (sebut aja). Lumayan lah, Nova ga kalah cantik kok. Do’i manis, putih, tinggi, matanya sipit, rambutnya hitam panjang, nyaris sepinggang, jago nari, dan pasti pinter bahasa Jepang. Do’i emang keturunan-keturunan Jepang gitu (80% mirip Barbie Zhu di film Meteor Garden^_^). 

Nova rajin banget nelpon rumah gue sore-sore via wartel. Maklum, zaman itu peradaban kota gue belum tersentuh teknologi yang namanya hanphone. Nge-date atau jalan bareng pun jarang, paling sekitar dua atau tiga kali selama pacaran. Selebihnya cuma sesekali jalan bareng pas pulang sekolah. Dulu kalo pergi nge-date kita naek angkot kemana-mana. Gue ga berani ngajak jalan pake motor. Gue yang masih SMP lebih mirip atraksi kuda lumping ketimbang nyetir dengan gaya nyetir motor gue yang masih acak kadul.  

Kalo lagi jalan bareng kita berdua terlihat lucu dan kekanak-kanakan. Posisi kita selalu berseberangan jalan. Gue di kiri jalan, Nova di kanan jalan seakan-akan ga saling kenal. Alasannya gue malu-malu gitu. Ngobrol pun kalo lagi ga da orang liat. Bayangin aja, bocah ingusan cewek-cowok jalan bareng pake baju samaan warna (biasanya warna merah). Sumpah, norak abiiiisss….! Kita berdua cuma jadi bahan godaan ibu-ibu kompleks dan tukang ojek. 

Sebagaimana bocah, masih banyak lagi hal konyol yang gue lakukan sewaktu pacaran. Salah satunya pas do’i ngajak tuker-tukeran foto. Waktu itu do’i bela-belain foto di studio tuk kasih foto terbaiknya ke gue. Lah gue? Gue malah kasih foto yang secara ajaib ada gue nampang. Di foto itu gue pose narsis pake baju maen kebanggaan gue; kaos rombeng kegedean, kolor sobek, dan ga pake sandal alias nyeker. Dengan penuh ekspresi layaknya model, gue pose nyengir kuda selebar pantat. Yang ada foto laknat gue lebih mirip poster buronan dengan tulisan: “Dicari : Bocah sarap si pencuri durian”. 

Salah satu hobi Nova waktu itu adalah menulis. Do’i rajin banget nulis Diary.  (Ya terkadang pas bosen diary do'i juga suka ngisi waktu dengan diare). Suatu ketika, salah seorang temen akrabnya (cewek) diem-diem nyolong tuh buku buat kasih baca ke gue. Bilangnya sih sengaja biar gue baca dan tau sendiri gimana perasaan Nova ke gue sebenernya. Awalnya gue ga berani baca. Takut ketauan, trus mati dah kena kepret. Tapi gue bener-bener penasaran, akhirnya gue baca juga tuh buku. 

Ternyata emang benar Nova nulis hampir semua kejadian yang kita alami sehari-hari serta bagaimana perasan do’i ke gue selama ini. Satu hal yang gue tangkep, do’i sebel dengan sikap childish gue yang ga ketulungan. Emang sih, kalo di kelas kita kayak ga kenal gitu. Alesannya klasik, gue takut digodain sama temen-temen sekelas, apalagi temen-temen gue yang cowok. Pernah waktu itu Nova ketangkep guru lagi asik nulis bukunya di kelas selagi jam pelajaran. Eh, malah disita and dibacain di depan kelas. Tuh guru senyam-senyum aja bacain, temen-temen gue sekelas pada ngakak. RRRrrrrrr……! Muka gue jadi merah nahan kentut. Eh, nahan malu ding. 

Menjelang kenaikan kelas tiga akhirnya kita putus. Seperti yang gue kira, do’i kayaknya udah ga tahan dengan sikap gue yang childish abis. Sebagaimana jadian, kita pun putus dengan cara yang ga kalah ajaib. Waktu itu diem-diem do’i masukin surat yang nyatain kalo hubungan kita udahan ke tas gue. Trus gue baca? Enggaaaakk, gue bingung! Nova nulisnya pake bahasa Jepang gitu. Gobloknya gue, gue lupa cara bacanya. Padahal gue sering banget do’i ajarin (tapi gue nya ga perhatiin). 

Gue taunya sejak saat itu Nova cuekin gue abis-abisan. Tiga hari kemudian gue baru beraniin nanya arti dan maksud dari surat tersebut. Bledaaarr….!! To the point do’i bilang “kita PUTUS bego!”. 

Yo wes, gue sadar gue emang bego. Gue bener-bener blom layak pacaran waktu itu. Gue lebih kemakan ajakan temen-temen gue tuk maen. Gue lupa kalo di sana ada orang yang nunggu and ngarep gue kasih perhatian. Belakangan setelah gue analisis, suatu hal yang wajar kayaknya kalo anak cowok kelas dua SMP itu emang blom pantes pacaran. Gue lebih memilih maen layangan, maen di got, panjat pohon, nangkep capung dan maen bola hujan-hujanan ketimbang mikir urusan cinta. Belom lagi gue udah trauma dengan dipermalukan di depan kelas. 

Kalo dipikir-pikir, kayaknya emang bener kalo orang bilang cewek itu lebih cepat dewasa dari pada cowok. Buktinya gue alami langsung dalam hubungan gue dengan Nova. Selama pacaran  Nova lebih banyak ngarahin dan punya inisiatif kalo orang pacaran itu mesti gimana-gimana. Gue mah cuma bisa manut-manut aja sebagaimana bocah sarap pada umumnya. Mending gue sibuk ngelurusin pipis gue dulu yang ga lurus-lurus. Peduli amat dengan urusan pacaran. 

Setelah tiga atau empat tahun ga ketemu and ga komunikasi, suatu hari secara tiba-tiba Nova sms. Waktu itu gue udah kuliah semester tiga. Ga tau do’i dapet dari mana nomor gue. Ya sekedar tanya kabar gue aja gimana. Selang beberapa minggu kemudian gue denger do’i nikah and ga nerusin kuliahnya. Di Facebook gue liat do’i ternyata udah pake jilbab sekarang, makin cantik aja*hihihi...! Wajar kalo banyak om-om yang udah mapan pengen ngelamar do’i. Gue mah bisa apa, kuliah aja ga becus. Mungkin suatu saat kalo gue balik kampung, gue pengen nyamperin do’i. Ya sekedar minta maaf aja kalo gue ada salah (banyak!) dan yang pasti gue bakal ngucapin terimakasih cz gue banyak belajar dari do’i tentang pendewasaan diri dan tentunya gimana memahami cewe.


Gue versi bocah! *hihihi...

Serialized Story, Part II

Lanjut, masih dengan topik bahasan yang sama. Tentang kisah cinta gue. Kalo lupa bisa baca ulang cerita sebelumnya. Langsung aja, sepertinya sosok gue kecil jauh lebih bahagia ketimbang gue yang sekarang. Di kelas tiga SMP, gue kejerat lagi dengan yang namanya cinta. Walaupun cuma cinta monyet sih, cz gue merasa waktu itu gue mahir banget bergelantungan di pohon. Bahkan gue juga punya bulu di selangkangan sebagai cikal-bakal tumbuh ekor.

Ceritanya gue cinlok nih dengan seorang cewek, sebut aja Ela. Item manis, tinggi, pinter, supel, dan bawel kayak ikan Bawal. Gue ga bisa apa-apa kalo do’i lagi ngomong. Tapi ga tau, bisa-bisanya gue suka. 

Sejak kecil gue aktif banget dengan yang namanya baris-berbaris 17 Agustusan. Betis dan kulit gue yang udah kayak tukang becak professional, sangat mendukung buat dipake lomba karnaval baris-berbaris dengan rute Sumatera-Bali (buseet!). Nah, kebetulan si Ela anak PMR tuh, do’i ditunjuk to dampingin pleton gue (gue Danton) buat ngurusin anggota gue yang sakit dan pingsan dehidrasi baik selama latihan maupun pada saat hari-H nanti. 

Entah kenapa kalo gue becanda nyambung banget sama do’i. Seiring waktu kita pun jadi makin deket dan mengalami namanya “cinlok”. Awalnya kita becanda-becandaan gitu, pura-puranya kita jadian di depan temen-temen. Pake janji jari kelingking segala lagi (Dasar bocah!). Dan pada akhirnya tanpa pake acara tembak-tembakan resmi, bisa dibilang kita bener-bener jadian walaupun gue nganggep Ela cuma becanda. 

Sampai suatu ketika hubungan kita diuji dengan adanya adek kelas yang ngirim surat cinta ke gue (buset, sinetron abis dah!). Si Ela liat, kontan aja dia nangis ga jelas gitu. Namanya aja masih bocah, dengan begoknya gue ga ngerti apa penyebabnya. Gue cuma berdiri manyun kayak Dakocan ngeliat do’i yang lari pulang ninggalin gue. 

Besok sorenya temen deketnya Ela nyamperin gue di kelas. Waktu itu kelas tiga ada bimbel sore tambahan buat persiapan UAN. Temennya Ela bilang kalo gue tuh jahat banget, udah nyakitin perasaan Ela. Gue udah kira kalo dia bakal bilang soal kejadian gue kemarin. 

Trus gue tanya balik, “Emang Ela dimana sekarang? gue mau ngomong sama dia”.

“Noh, di luar. Udah mau pulang. Kelasnya selesai lebih awal hari ini”, jawabnya. 

Buru-buru gue keluar kelas buat nyamperin Ela. “Udah cukup kekonyolan yang gue perbuat” pikir gue. Gue sadar kalo perasaan Ela ke gue ternyata lebih dari sekedar becanda. Kali ini gue ga bakal sia-siain. Gue nekat bolos ninggalin pelajaran dengan alesan pergi ke toilet. 

Seketemunya Ela yang udah tepat berada di depan gerbang sekolah, 

“La, tunggu!” panggil gue dari jauh. Eh, si Ela malah makin cepet jalan seolah-olah ga denger (ngambek). Gue pun makin cepet lari mengejar. Hap! Kayak nangkep kebo lepas, akhirnya Ela berhasil gue tangkap. 

Salah satu momen terbaik dalam hidup gue. Seketika gue melihat pelangi, burung-burung berkicau. Kayak di film-film Bollywood, gue pegang kedua tangan Ela. Semua terasa mengalir begitu aja.

“La, maafin gue dong, gue janji cuma ada lo di hati gue. Gue ga bakal sia-siain lo and ga bakal gue tanggepin tuh surat”. Trus gue seka sisa air mata di pipinya yang mungkin tadi sempat nangis waktu gue kejer.

Gue pandang mata Ela yang masih berkaca-kaca tuk meyakinkan ketulusan maaf gue ini. 

Ga lama kemudian Ela tersenyum simpul, kayaknya do’i mau maafin gue.  

Sumpah, kalo diinget-inget ternyata gue romantis juga (Hahaha….). Jujur, sebenarnya gue bukan tipe orang yang suka dengan yang namanya terbawa perasaan dan suasana (-_-‘)7.   

Sayang, hubungan kita ga bertahan lama. Satu tahun kemudian kita putus. Masalah klasik, bukannya gue berubah malah makin jadi penyakit childish dan egois gue. Akhirnya Ela keburu dideketin sama cowo laen. Dan berpuncak waktu kita lulus dan masuk bangku SMA. 

Saat SMA kita beda sekolah. Gue masuk SMA plus yang mesti sekolah dari pagi, sore, dan malem. Ela masuk SMA negeri biasa. Kita jadi jarang banget ketemu. Waktu itu gue cuma bisa nemuin Ela sabtu sore dan hari minggu. Itu pun kalo gue ga ada tugas atau PR. HP masih tergolong barang langka dan tersier bagi peradaban kota gue waktu itu. Jadinya kita bener-bener jarang berkomunikasi. 

Kalo ketemu pun komunikasi kita ga “sehat”. Pelajaran dan tugas udah ngeracuni otak gue. Kalo ngobrol gue ga nyambung. Gue taunya masalah pelajaran sekolah doang. Ga ada niatan buat ngobrol tanya kabar lo gimana, sehari-hari lo ngapain aja, ada masalah ga lo di sekolah. Boro-boro dah gue jadi cowok romantis bagi Ela. 

Puncaknya terjadi pada suatu sore, hari sabtu sepulang gue sekolah. Iseng gue pengen banget nyamperin do’i tanpa pulang ke rumah terlebih dahulu. Kangen gue, dua minggu ga ketemu sehabis gue ulangan bulanan. Eh, sesampenya di rumah Ela, malah do’i ga ada di rumah. Emak nya bilang kalo Ela pergi, ada kegiatan PMR di sekolah.

“Ya udah, gue jemput Ela aja sekali-sekali” pikir gue. Blom jauh gue jalan keluar gang rumahnya. Eh, si Ela tiba-tiba pulang dan papasan ngelewatin gue sambil dibonceng seorang cowok. Cowok yang sama yang diisukan ngedeketin do’i sejak SMP dulu. 

Waktu itu yang ada gue ga disapa cuy, boro-boro disamperin. Malah dengan sinis nya mereka mandangin gue dari kejauhan (sekitar 15 Meter). Seakan-akan gue gembel menjijikan. Bener apa kata temen-temen gue kalo dibelakang, Ela udah khianatin gue. 

Sore itu tiba-tiba jadi terasa sangat suram. Kayak pecundang ketiban tai, gue pulang nyetir motor sempoyongan. Seakan-akan ga percaya dengan apa yang baru terjadi. Antara emosi ingin tonjok tuh cowo brengsek, sama kecewa ga habis pikir bisa-bisanya Ela lakukan ini ke gue. Suasana hati gue yang tadinya berbunga-bunga, berubah horror seketika.  

Yah, sebuah ending yang bagus to sebuah love story. Dan sekali lagi mental gue dibuat cacat oleh yang namanya cinta. Kali ini gue ga mau lakukan evaluasi pasca putus. Apa kurangnya dan apa salahnya gue, gue udah ga mau mikir. Titik!


Foto gue di bangku SMA

Serialized Story, Part III

“Bencana alam” yang terjadi pada kisah gue sebelumnya telah mengubah pola pikir gue 180 derajat. Gue menganggap pacaran cuma buat seneng-seneng. Kalo bosen, ya cari cewe laen. Kebo duduk dah (bullshit?) dengan yang namanya cinta.  
 
Ga sulit bagi gue buat balas dendam sebagai pelampiasan pengalaman buruk cinta masa lalu. Secara gue siswa SMA plus coba, berprestasi (dikit), ketua OSIS, anak Paskibra, populer lagi di kalangan banci salon. Gue juga punya banyak temen-temen yang expert dalam urusan cewek (red: expert jadi bajingan). Nah, Jadi dah gue belajar dan memanfaatin segala sumber daya yang gue punya tuk ikut-ikutan jadi bajingan cap gajah horny. 

Kalo ga salah, waktu itu gue sempat punya empat gebetan dan satu pacar. Mereka berasal dari berbagai sekolah yang berbeda. Pacar ini gue dapet pas gue jadi Paskibra kabupaten, sebut aja namanya Wita. Adapun keempat gebetan gue adalah si S, adek kelas gue yang terpilih jadi paskibraka provinsi (junior kebanggaan gue nih di sekolah). Terus ada si E, juga anggota paskibraka kabupaten angkatan di bawah gue. Terus ada si R, sayangnya do’i ga kepilih jadi anggota Paskibraka waktu itu. 
Yups, bener banget! Gue deketin mereka semua dari kegiatan Paskibraka yang gue tekuni. Kayaknya ga perlu gue jelasin dah secara fisik mereka orangnya kayak gimana, pasti udah kebayangkan gimana cantiknya cewe-cewe paskibraka (hohoho…). Oya, gebetan gue yang terakhir ada si M, do’i deket sama gue dari kepengurusan OSIS sekolah gue. Do’i juga ga kalah cantik kok sama cewe-cewe Paskibraka.
Tiap weekend gue selalu sempatin jalan bareng dengan salah satu dari mereka. Dengan santai nya gue ganti-ganti pasangan jalan tanpa sepengetahuan mereka. Dengan licik gue bo’ongin kalo kenyataannya gue cuma maenin mereka. Di depan mereka gue terlihat begitu serius jalin hubungan. Padahal gue cuma mau seneng-seneng aja, refreshing cuy.
Perlu diketahui bahwa baik pacar maupun para gebetan gue, mereka semua ga saling mengenal. Sekedar tau nama dan orangnya sih mungkin aja, tapi yang pasti mereka ga begitu tau/akrab satu sama lain. O’yah, gue sengaja nulis gebetan gue dengan inisial huruf, sedangkan pacar dengan nama samaran. Biar gampang bedain mana yang pacar dan mana yang sekedar gebetan. Satu lagi, gue bilang pacar karena resmi gue nembak (yang jelas ga di depan penghulu). Sedangkan gebetan, cuma sekedar panggil sayang-sayangan plus sekedar temen jalan bareng, gue ga berinisiatif minta adanya kepastian akan status hubungan kita
Sampe suatu ketika, gue merasa bener-bener nyaman dan punya perasaan sama si S, salah satu gebetan favorit gue. Yang tadi kebersamaan kita cuma buat maen-maen, eh gue bener-bener jadi tergila-gila dibuatnya. Si S orangnya sangat spesial, beda dengan yang lain. Do’i kalem, manis, cerdas, dan begitu elegan. Ga cuma sempurna secara fisik dan akademis, secara akhlak dan perilaku insyaallah si S ga perlu diragukanlah. Dengan jilbab dan seragam Paskibraka sewaktu ia kenakan, si S tampak begitu “wah” di mata gue. 

Btw, si Wita pacar gue gimana? Halaaah…, dengan licik gue ganti nomor HP dan pergi dari kehidupannya. (O’yah, no hp yang gue pake sampe sekarang ini si S loh yang kasih, hehe…*ga penting!). Sebenernya gue udah berkali kali nyaris kepergok Wita pas jalan sama si S. Namun dengan cihuy gue berhasil menghindar dan kabur dari pandangan do’i. Mulai dari menghindari lewat depan rumahnya, rumah temen-temennya, sekolahnya, tempat nangkringnya, sampe pusat-pusat keramaian yang memungkinkan kita ketemu. Pokoknya gue sangat cerdik dan waspada, kapanpun dan dimanapun. 

Sampe suatu ketika gue ketangkep. Waktu itu gue lengah, tiba-tiba aja Wita muncul. Untung gue ga lagi jalan sama cewe. 

Kayak hansip nangkep maling, gue ditarik dan diintrogasi oleh si Wita. 

“Kemana aja lo selama ini?! Punya yang baru yang lama ditinggal gitu aja!!” bentak Wita tepat di depan muka gue, sehingga gue tau persis do’i barusan makan siang pake lauk apa. 

“Maksudnya apa sih?!” gue balik tanya. “HP gue rusak, nomer lo ilang Ta. Mana ada gue mau ninggalin lo gitu aja!” kayak kencing kuda gue lancar banget ngeles. 

“Bohong! Gue tau, ngapain aja lo selama ini”. 
“Lo punya cewe lain kan? Sengaja lo menghindar dari gue”.
“Gue pengen kita PUTUS!”, bentak Wita lagi. 

Dengan tenang dan mantap layaknya Pak SBY pidato gue menjawab, 

“ Ya udah sih, kalo emang pengennya lo begitu!”.  

Tanpa ada aba-aba balik kanan maju jalan, Wita pergi ninggalin gue. Masih untung gue ga dikepret atau disodok. Gue mah pasang muka sedih dan kecewa aja biar dia puas, tapi hati gue ketawa ngakak bergumam; “Aseeek, gue bisa bebas jalan dah sama gebetan yang laen” (Hahahay…).

Tanpa ada rasa sesal gue melupakan semua momen-momen yang dulu pernah gue lewatin bersama Wita. Padahal menurut gue Wita merupakan sosok cewe yang baik, dewasa, dan berpendidikan. Secara do’i putri bungsu dari keluarga pejabat tinggi kepolisian setempat. Wita juga sosok calon istri yang baik. Punya visi dan prinsip hidup yang jelas, tegas dan dewasa. Buktinya, putus pun do’i  tetep minta kejelasan. Dasaran guenya aja yang bego ga mensyukuri anugrah tuhan. 

Pasca gue putus sama si Wita keadaan berubah. Tiba-tiba gebetan-gebetan gue yang laen ga mau bicara dengan gue. Satu persatu mereka mundur dan menjauh dari kehidupan gue. Seakan-akan ada isu kalo gue adalah bener-bener cowo bajingan cap gajah horny. Isu ini sepertinya menyebar luas sampe gebetan-gebetan gue aja tau. Entah siapa yang sebarin pertama kali. Gue curiga, “Jangan-jangan ini ulah Fenny Rose di infotainment Silet”, pikir gue. 

Intinya, ga ada satupun gebetan gue yang sukses gue jadiin pacar, termasuk si S. Ulah gue berakibat jangka panjang cuy. Perlu waktu satu tahun tuk perbaiki dan menunggu nama baik gue kembali normal. Lama gue ga deketin cewe secara intens. 

Vakumnya gue dalam urusan pacaran bikin gue banyak belajar dan evaluasi. Gue menyadari kalo gue udah melakukan kesalahan besar. Semua itu cuma pelampiasan dari kekecewaan gue di masa lalu. Ngapain juga gue bales and lampiasin ke orang lain yang ga bersalah dan ga tau apa-apa. Gue ga berhak nyakitin perasaan mereka. Jujur, pada akhirnya gue merasa sangat menyesal dan kehilangan. Terutama si S, cewe yang terlanjur gue sayang (tragis). 

Yah, kayaknya gue emang ga pantes bersamanya. Suatu keputusan yang tepat dia ninggalin gue. Sebagai kenang-kenagan, gue bakal simpen dan pake terus nomor HP gue yang do’i pilihin ini. Gue juga bakal inget terus parfum dan coklat yang do’i kasih ke gue. Ya sekedar inget aja, ga mungkin juga kale gue mesti hidup dalam penyesalan dan bayang-bayang masa lalu. Thanks yo, udah nyadarin gue.


Aku bangga jadi seorang PASKIBRAKA

LPJ Perjalanan ke Tasikmalaya

Senin, 14 Maret 2011 pukul 08.29 WIB gue mendapat berita duka kalo ayahnya teman kami Fitri atau Teteh meninggal dunia tadi malam *innalillahiwainailaihiraji’un. Sebagaimana biasanya, gue ma temen-temen kompak to ngumpul bareng di kampus bahas rencana mau berangkat ngelayat ke Tasikmalaya, kota asal Teteh. Ga perlu waktu lama, kita langsung cari info alamat Teteh dari buku angkatan, download peta Tasik, galang dana, trus beli tiket kereta keberangkatan jam 23.57 malam itu juga dengan perkiraan esok paginya bakal sampe di Tasik.

Ada Maya, Ramon, dan gue sebagai perwakilan yang berangkat ke Tasik. Kayak Si Bolang, kita bertiga cengangas-cengenges di stasiun sambil nunggu kereta ngebayangin gimana perjalanan kita nanti. Ya jelas aja, ga ada satupun dari kita yang pernah maen ke Tasik. Cuma bermodal dua prin-prinan peta Tasik doang. Ada peta Tasik dari google maps dan satunya peta kuliner Tasik (sotoy).

Sumpah, banyak banget fenomena ajaib yang gue temui sepanjang  perjalanan. Berawal dari kita naik Kereta Malabar kelas ekonomi. Kita dapat tiket di tiga tempat duduk yang berbeda dengan posisi berjauh-jauahan. Ramon sama Maya mah enak, kebetulan bapak yang duduk di depan Maya pindah/turun. Yah, dengan lincah Ramon pindah ngisi tempat tersebut, enak dapet temen ngobrol. Lah gue? Di sisi lainnya gue menderita terjebak duduk berhadapan dengan cewek yang  tak henti-hentinya mengepulkan asap rokok dari lobang hidung. Belom lagi bapak-bapak sebelah gue yang tidur dengan mulut menganga. Kayak bunga Raflesia yang mekar di musim semi, aroma mulut dan keteknya mengundang banyak serangga seperti lalat dan kecoa. Takjub gue liat fenomena ajaib ini (keajaiban pertama yang gue temui), alhasil gue ga khusu’ tidur malam itu.

Setelah puas meratakan kontur bokong dengan duduk enam jam di kereta, kita pun akhirnya tiba di stasiun Kereta api Tasik. Baru beberapa langkah menapakan kaki di tanah, aroma Tasik udah tercium jelas di hidung gue. Kalo ga salah baunya kecut dan rada asem. Tapi ternyata setelah gue analisis, ternyata itu bau kita bertiga yang belom mandi pagi. Sebagaimana tim Ekspedisi Merah ANTV, kita menyusun rencana dan teknis pertualangan. Ada Ramon sebagai kepala divisi transportasi dan penyusunan rundown kegiatan.  Ada gue sebagai kepala divisi peta atau navigator sekaligus kepala divisi pengairan (tukang bawa air minum). Dan terakhir ada Maya sebagai kepala divisi konsumsi (tukang bawa cemilan dan memutuskan tempat beli jajanan enak).  

Rencana pertama, kita mencari sesuatu buat ngeganjel perut. Kita memutuskan kalo kupat tahu versi Tasikmalaya di depan sebuah SD adalah pilihan yang tepat. Setelah perut dirasa kenyang, sebagaimana naluri gembel, kita menyatroni Masjid Agung Tasikmalaya untuk mandi pagi. Makan udah, mandi udah, sesuai rencana inti kami segera bergegas mencari alamat rumah Teteh. Menurut peta sih deket, ga lebih dari panjang jari tengah jaraknya, berhubung juga masih pagi, kita memutuskan berjalan kaki ke TKP (bilang aja ngirit). Ternyata, masyaallah! Jauh! Baru separo perjalanan betis Maya meletub. Terpaksa dah kami cari pompa angin terdekat. Dengan bujuk rayu maha dasyat Ramon, akhirnya Maya mau to meneruskan perjalanan sampe perempatan Cihideung, sebuah nama lokasi yang sampe detik ini gue masih kesulitan to mengejanya.

Harapan kita sesampainya di perempatan Cihideung, di jalan Mayor SL Tobing (jalan alamat rumah teteh), semoga rumah yang paling ujung pertama kami temui bernomor urut akhir, ya paling ga no.60 atau no.70 lah. Sebab no alamat rumah si Teteh adalah 59C. Harapannya sih biar ga perlu jalan jauh lagi, tinggal hitung mundur sekitar 10 rumah, langsung ketemu dah rumah nomor 59C.

Tapi kenyataan tidak sesuai dengan yang diharapkan, rumah pertama yang kami temui di pangkal jalan tersebut adalah no.2, no.3, no 5, no.7 dan sterusnya. Buseeeeet…setelah berjalan jauh, kita mesti jalan kaki lagi sampe 59 rumah to nemuin rumahnya si Teteh.

Hari mulai panas, badan lemes, capek,dan  kurang tidur. Kita bertiga frustasi dan tanpa pikir panjang  langsung menyetop sebuah angkot tanpa tau rute/jurusannya. Yang penting naek angkot dah, dari pada jalan kaki. Sambil perhatiin nomor-nomor rumah kita duduk santai di dalam angkot. Ternyata bener, masih lumayan jauh.

“No.37, no.39, no.41….asik dah, bentar lagi nyampe”, gumam kita bertiga. Eh, tiba-tiba aja tuh angkot belok ke jalan laen, keluar rute yang kita harapkan (hedeeeeh…T_T). Ya udah, mau ga mau kita langsung turun dan meneruskan perjalanan dengan jalan kaki (lagi).

Akhirnya kita sampai juga di depan rumah nomor 59A, trus rumah nomor 59B, dan ajaib, nomor rumahnya langsung melangkah ke nomor 61. “Loh?, mana nomor 59C nya??”, gue heran. Kita coba nanya ke rumah no 59B dimana alamat no.59C berada sama seorang ibu, ibu nya malah bilang “ga tau”. Tanya lagi ke rumah sebelahnya yang seharusnya bernomor 59C sama seorang mas-mas, jawabannya sama, “ga tau”. Mas-mas nya aja ragu pas ditanya nomor rumahnya nomor berapa (edan).

Kita jalan lagi lanjutin perjalanan melewati sebuah lahan kosong, trus istirahat bentar di depan sebuah pager. Frustasi dan bingung campur aduk. Ga sengaja gue perhatiin pager tempat kita berhenti, eh nomornya 59C. Akhirnyaaaa…..ketemu euy ^ ^.

Di dalamnya ada sepasang rumah bergaya arsitektur modern yang posisinya bersebelahan dan agak mepet ke halaman belakang. Ada tower provider juga di halaman depan. Trus pagernya dua lapis lagi, padahal masih berada dalam satu lahan. Sempat gue berpikir, nih rumah kayaknya bakal asik kalo jadi lokasi game Plant versus zombie dengan dua lapis pager tersebut.

Awalnya kita bingung mau nyamperin rumah yang mana diantara dua rumah tersebut. Eh, tiba-tiba Teteh keluar dari rumah yang pertama, rada kaget sih, sambil nangis teteh nyamperin kita. Suasana rumah pagi itu agak sepi, hanya ada beberapa tamu yang silih berganti masuk. Kita bincang-bincang bentar dengan teteh di depan. Sedih liat Teteh, keliatan agak “kusut” dan “layu”. Dari kita ngobrol, menurut gue teteh terliat udah cukup tegar dan iklas melepas kepergian almarhum ayahnya. Teteh berusaha tetap senyum dan tidak terlihat sedih di depan kita. Begitu juga dengan Ibunda Teteh, Tante menyambut kedatangan kita dengan sangat terharu. Cukup lama kita berbincang-bincang cerita tentang sosok almarhum sewaktu masih hidup yang pekerja keras sampai saat-saat beliau meninggal. Tante juga berpesan untuk selalu menjaga kesehatan, perbanyak minum, dan jangan lupa makan sesibuk apapun kita.

Tidak lama setelah kita berbincang, satu rombongan keluarga besar Teteh dateng. Ada Pak De, Wak, Om, Tante, Aa’ dan teteh nya Teteh dari berbagai daerah sepertinya komplit berkumpul. Blom lagi tetangga, temen-temen ayah dan ibu teteh, serta ibu-ibu pengajian silih berganti dateng. Tidak Nampak ada aktifitas tahlilan atau apapun saat itu. Teteh bilang sih tahlilan dilakukan hanya pada hari ke-1, 3, dan 7. Saat itu yang terlihat hanya canda, obrolan atau saling sapa dan tanya kabar antar keluarga yang mungkin lama tidak berjumpa. Begitu juga dengan pakaian,  sebagian besar tamu hanya mengenakan pakaian casual sebagaimana sehari-hari. Sepertinya esensi ngelayat yang gue dapet adalah untuk menghibur dan menguetkan keluarga almarhum yang ditinggalkan.

Sembari istrahat, gue sama ramon sempat juga berbincang-bincang dengan salah satu Pak De nya Teteh. Sosok Beliau terlihat tegas, smart, berkarakter, dan komunikatif. Semua wejangan atau pesan yang beliau utarakan begitu melekat dan diterima logika. Sekedar share, beliau mengutarakan alasan mengapa kita harus tegar dan kuat menghadapi kematian. “Karena mati itu mutlak” ujar Beliau. “Mengapa kita mesti takut dan menghindari kematian, justru  kalo kita ga mati-mati akan lebih merepotkan. Layaknya mesin, seiring usia tubuh kita ini mengalami penuaan dan berkurang fungsi dan kinerjanya. Mengganti fungsi organ dengan mesin ga bakal banyak membantu, tetap suatu saat kita pasti bakal mati”.  Selain itu beliau juga berpesan kalo kesehatan itu wajib di jaga. Ga perlu takut menerima kenyataan kalo tubuh kita terdeteksi memiliki bibit penyakit. Beliau juga sedikit memamerkan bahwa organ tubuhnya yang menurut keterangan dokter masih sangat baik untuk ukuran orang tua seusianya. Jantung, hati, ginjal, semua masih berfungsi normal sesuai kapasitasnya. Tapi Beliau bilang kalo dirinya memiliki bibit penyakit terkena serangan jantung atau stroke. Untuk mengatasi masalah tersebut Beliau mengikuti program “Manajemen Penyakit” yang secara rutin melakukan pemeriksaan dan menjalankan nasehat dokter. Intinya, kesehatan itu dapat kita peroleh dengan berusaha menjalani pola hidup sehat serta “mengelola” dengan baik penyakit yang kita miliki. Karena kesehatan begitu berharga.

Setelah dirasa cukup berbincang-bincang dengan anggota keluarga besar Teteh, Teteh menawarkan kami untuk sejenak beristrahat sambil menanti azan zuhur di salah satu ruangan rumah Teteh yang satunya. Di sana kita melihat-lihat foto-foto keluarga besar Teteh. Eh, ada fotonya Pak De nya Teteh tadi, lengkap dengan seragam TNInya. Teteh bilang ternyata Pak De nya itu adalah pensiunan perwira TNI dengan pangkat Kolonel. Beliau juga sempat menjabat Ketua DPRD di salah satu daerah yang gue lupa namanya. Waw, pantes aja. Ternyata barusan kita dinasehatin oleh orang “besar” (ckckckck…).

Banyak banget Teteh bercerita, mulai dari keluarga Teteh, sekolah-sekolah Teteh dulu, gimana aktifitas Teteh dulu waktu sekolah, sampe cerita tempat-tempat menarik dan wisata kuliner di kota Tasik. Ga lupa juga kita sampein satu-persatu salam dari temen-temen kampus ke Teteh. Kita semua turut berduka dan mendo’akan beliau semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah Swt serta semoga Teteh dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

Tanpa bermaksud merepotkan Teteh sekeluarga, Teteh bermaksud mengajak kami jalan-jalan sore sejenak berkeliling kota Tasik serta mengantarkan kami pulang sampe ke Stasiun. Sumpah, kita bener-bener ngerasa ga enak dan takut ngerepotin apalagi suasana masih dalam suasana duka. Tapi akan jauh lebih ga enak kalo seandainya kami menolak tawaran tersebut. Teteh terlanjur merasa senang ngeliat kita dateng ke Tasik, masak kami tiba-tiba pamit pulang. Oke lah, selama itu membuat Teteh senang dan membuat Teteh sedikit terhibur, kami putuskan untuk pulang naik kereta terakhir jam 23.46 wib. Kami pun sepakat untuk menerima ajakan itu dan menghabiskan waktu bersama-sama menemani Teteh sampai pukul itu tiba.

Setelah sholat ashar, kita memulai dengan keliling kota Tasik naik angkot, liat sekolah Teteh dulu, trus makan bakso Assoy, salah satu bakso favorit Teteh. Sampai menunggu jam keberangkatan, Teteh mengajak kami mampir ke rumah Wak nya. Okelah pikir kami, semoga tidak menambah repot lagi orang lagi. Eh, ternyata Wak nya Teteh adalah pemilik salah satu restoran sejenis cafe sekaligus hotel tertua di kota Tasik, Hotel Ramayana namanya. Kita bener-bener ga nyangka, kita dikasih pake salah satu kamar hotel buat mandi, sholat, dan persiapan keberangkatan. Blom lagi fasilitas makan malam di restonya yang keren abis, berkonsep cafe taman di tepi kolam renang. Walaaaah, kita bener-bener makin ngerasa ga enak dah ngerepotin Teteh.

Pas diner kita banyak bercerita dan becanda sama Teteh, seneng rasanya liat Teteh bisa senyum dan ketawa bareng kita waktu itu. Eh, ga kerasa tau-tau udah jam 21.00 WIB. Teteh minta tolong Aa’ Oyib (kalo ga salah namanya) buat nganterin kita jalan-jalan bentar trus langsung ke stasiun. Teteh terlihat begitu dekat dengan kehidupan hotel Ramayana, terutama para karyawan termasuk Aa’ Oyib yang udah sekitar sembilan tahun bekerja di sana. Hal ini dikarenakan Teteh kecil selama SMA emang udah tinggal mandiri di rumah Wak nya (di lingkungan hotel) karena lokasinya deket dengan SMA Teteh. Blom lagi waktu itu Teteh sering bantu-bantu kerja di bagian administrasi hotel. Ga heran kalo mulai dari satpam hingga karyawan hotel lainnya Teteh kenal baik walaupun udah jarang balik ke Tasik. Two thumbs buat Teteh…b(^ ^)d

Bersama Aa’ Oyib kita keliling-keliling Tasik. Sekedar liat-liat sudut-sudut kota. Kita keliling menyusuri jalan KH Zaenal Mustofa, bisa dibilang ini jalan Solo nya kota Tasik. Liat Mall Asia Plaza, Universitas Siliwangi, GOR dan gedung kesenian kota Tasik. Kita juga sempat berenti beli “T.O” yang sempat bikin penasaran itu makanan seperti apa. “T.O” aslinya kependekan dari “Tutug Oncom”. Tadinya pas gue tanya apa itu T.O sama Maya, eh si Maya malah bilangnya “Tetek Oncom”, shock gue dengernya.

Pas kita samperin pedagangnya ternyata T.O nya udah pada habis dan mau tutup. Yo wes, akhirnya kita beli martabak manis di jalan Tentara Pelajar. Merk nya Martabak Ramaya, sama kayak nama hotel. Bilangnya sih buat makan kita pas di kereta. Tapi ajaib, baru aja nyampe muka stasiun, tuh martabak udah tinggal separoh. Amazing…

Menjelang pukul 23.00 WIB, kita bilang ke Teteh “Baiknya Teteh langsung pulang aja, ga usah nunggin kami ampe keretanya dateng”. Kasian Teteh kayaknya dah ngantuk dan capek ngajakin kita jalan seharian. Akhirnya kita pun bersalaman dan berpamitan pulang. Seneng rasanya dah jalanin amanah temen-temen buat ketemu dan menghibur Teteh. Makasih ya Teh, sampe ketemu lagi di Yogya dengan sosok Teteh yang kocak dan penuh semangat seperti biasanya^ ^. 

Kurang dari satu jam kita menunggu, tepat pukul 23.47 WIB akhirnya dateng juga keretanya. Astagfirullah…keretanya penuh sesak penumpang baik di tempat duduk, jalan, sampe sekitar pintu gerbong, dimana-mana manusia berserakan. Keringat dingin gue, bayangin kita bakal enam jam berdiri penuh sesak sepanjang malam. Si Maya sebagai cewe sendiri lebih kita prioritasin, lumayan lega rasanya liat Maya dapet tempat duduk walaupun cuma setengah bokong . Setidaknya tidak lebih menderita kayak gue ma Ramon. Cukup lama gue ma ramon cengengesan berdua seakan-akan tidak pecaya melihat kenyataan yang kita hadapi.

Bermodal koran bekas pemberian Teteh di hotel, gue tanpa pikir panjang bentangin tuh koran, trus duduk jongkok melipat tubuh sekecil mungkin biar muat berada di tengah jalan antara kursi-kursi penumpang. Berbeda dengan Ramon, seolah-olah expert jadi gembel, ramon ternyata punya gaya duduk tersendiri ngakalin space jalan kereta yang kecil. Cukup simple, kaki diselonjorin masuk kolong kursi , taro koran sebagai alas duduk, trus nyander dah ke kaki kursi yang berlawanan sehingga posisi tubuh membentuk huruf L yang diputer kekiri 90 derajat. Singkatnya, orang-orang yang mau lewat mesti ngelangkahin dulu Ramon. Bak portal KIK UGM, muka Ramon menyerupai scanner yang menyecan bokong orang-orang yang lewat satu-persatu. Bener-bener trick yang sangat tidak dianjurkan. Don’t try this at home!.

Ngakak gue liat ramon sepanjang perjalanan. Entah itu pedagang kaki lima atau penumpang, entah itu bapak-bapak atau ibu-ibu, pokoknya semua bokong yang lewat dicium mesra oleh Ramon (hoeek!). Ajaib! Bak bayi cute punya brewok, dalam keadaan tertidur pulas sekalipun Ramon tetap menunaikan tugas mulia tersebut seakan-akan bau bokong sudah jadi bagian dari hidupnya yang tidak mungkin terpisahkan.

Kesebelahnya Ramon. Bagi gue rasa nyaman dan tidur nyeyak seakan-akan hanya mitos malam itu. Orang-orang berlalu-lalang melewati gue di cela-cela diri gue dan kursi. Gue cuma berpikir gimana caranya gue harus melipat diri sekecil mungkin, kalo ga gue bakal mati disepak para pedagang terus dilempar dari jendela karena dianggap mengganggu arus lalulintas perdagangan yang lalu lalang di gerbong kereta.

Gue juga sempat berpikir untuk segera bergabung dan berkarir dengan sirkus keliling apabila gue sampai ke Yogya dalam keadaan hidup. Berkat pengalaman naik kereta api ekonomi, gue menemukan bakat baru yang sangat menjual untuk ditampilin di sirkus. Gue melipat diri sekecil mungkin, masuk ke dalam botol kecap, trus jadi maenan singa laut. Waw, benar-benar perform yang menakjubkan.

Lain halnya dengan Maya, Maya ga berpikir untuk jadi ahli cium bokong ataupun pemain sirkus sukses. Maya hanya menghadapi masalah sepele dengan ibu tukang sabotase kursi penumpang. Maya adalah salah satu korbannya. Tricknya adalah dengan membuat penumpang lain merasa tidak nyaman. Salah satunya dengan berpura-pura ngigau terus towel-towel penumpang yang duduk disebelahnya. Alhasil, si korban merasa risih dan pindah tempat duduk. Terus duduk dah salah seorang anaknya mengisi space kosong tersebut. Bayangkan kalo si Ibu punya 30 orang anak, mungkin dia akan mensabotase satu gerbong utuh kreta dengan jurus towel-towelnya agar ke30 anaknya bisa duduk nyaman dan menikmati perjalanan. Mantab.

Sesampainya di Yogya kita tertawa ngakak menceritakan pengalaman kita masing-masing selama perjalanan. Seperti namanya, Kereta api Kahuripan yang artinya Kehidupan (kalo ga salah). Di dalamnya kita bener-bener menemukan sebuah miniatur kehidupan. Tanpa memandang status sosial, pendidikan, dan profesi, semua dipandang sama. Masing-masing harus berjuang dan cerdik untuk mendapatkan sebuah kenyamanan. Sewaktu kita telah berhasil memperoleh kenyamanan tersebut, kita harus iklas berbagi dan tolong menolong dengan orang-orang sekitar. Seperti dengan menyisakan sedikit space nyaman kita untuk orang-orang yang kurang beruntung tidak kebagian tempat. hmmm....Satu lagi keajaiban yang gue temui dalam perjalanan ini.

 Sang Penjelajah